Topik: Agama

Awal Ramadhan Pemerintah, NU dan Muhammadiyah Diprediksi Sama

  • Saturday, 4 June 2016 - 07:55
  • Andi Nurroni
  • dibaca 707 kali
  • Comment
Ilustrasi rukyatul hilal. Foto: dakwahtngerang.com

Ilustrasi rukyatul hilal. Foto: dakwahtngerang.com

Surabaya, SwaraPangandaran.Com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) memperkirakan, ketetapan awal Ramadhan 1437 Hijriah diprediksi bersamaan, antara pemerintah, ormas Nahdlathul Ulama serta Muhammadiyah. Awa Ramadhan diperkirakan jatuh pada 6 Juni 2016.

“Sudah bisa diperkirakan awal puasanya sama pada Senin 6 Juni,” ujar Ketua Umum MUI KH Maruf Amin kepada wartawan di Surabaya, Jumat (3/6).

Dikutip Kantor Berita Antara, Maruf melaporkan, saat ini posisi hilal sudah di atas 2 derajat, sehingga besar kemungkinan akan tampak saat rukyatul hilal 5 Juni.

“Melihat sekarang, posisi hilal sangat mendukung untuk sama karena sudah tampak dan sudah tinggi,” ucap Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut.

Maruf menyampaikan, sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan akan dilakukan 5 Juni, di mana keputusan di dasarkan pada rukyatul hilal di sejumlah titik di tanah air.

Meski tidak ada potensi perbedaan, menurut Maruf, Pemerintah Pusat dan sejumlah ormas Islam di tanah air belum memiliki kesepakatan terkait penentual awal Ramadhan dan Idul Fitri mendatang.

Maruf menekankan, persamaan ataupun perbedaan awal Ramadhan tidak harus menjadi perdebatan, melainkan hrus mempererat persaudaraan sesama Muslim.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah terlebih dahulu mengeluarkan maklumat nomorL 01/MLM/I.0/E/2016 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijag 1437 Hijriah.

Dalam keputusan yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir tersebut, awal Ramadhan ditetakan 6 Juni 2016. Sementara Idul Fitri, ditetapkan pada 6 Juli 2016.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik… baca selengkapnya

Kiprah

Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia (HAPMI) Kabupaten Pangandaran resmi terbentuk. Kepengurusan HAPMI terpilih setelah puluhan… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top