Berkunjung ke Pangandaran, Ini Rencana Besar Menpar Arief Yahya dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil

0
312
Menteri Pariwisata RI Arief Yahya bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat disambut oleh Bupati Pangandaran Rabu (28/11). Syamsul Arifin/SPC

Pangandaran, SPC – Memantau sekaligus merencanakan pariwisata Pangandaran sebagai wisata mendunia, Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turun gunung. Keduanya langsung merencanakan program prioritas kepariwisataan.

Menurut Menpar RI Arief Yahya, Pangandaran sudah dicanangkan untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di bulan Maret tahun mendatang.

“Ada tiga kunci supaya pariwisatanya bisa sukses. Pertama, perlu CEO komitmen yang intens dari pemerintah pusat hingga ke pemerintah daerah supaya bisa sukses maksimal,” tutur Arief saat menjadi pemateri dalam kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Destinasi Pariwisata Pangandaran, Rabu (28/11).

Jika KEK ini bisa terjadi di Kabupaten Pangandaran, lanjutnya, investor tentu akan berdatangan, baik dari swasta maupun pemerintah.

“Kalau dari pemerintah kan sudah pasti, infrastruktur penunjang, pembangunan sumber daya manusia dan masih banyak yang lainnya. Intinya KEK ini adalah pintu gerbangnya,” kata dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan bahwa Pangandaran akan menjadi wisata primadona Jawa Barat.

“Pangandaran ini seperti batu akik yang kurang dipoles, jadi kami akan lakukan pemolesan selama 5 tahun mendatang agar lebih mencrang,” paparnya.

Lebih lanjut, Kang Emil juga memaparkan beberapa rencana yang sudah dicanangkan untuk memoles Pangandaran.

“Kami sedang merencanakan pelebaran jalan Banjar-Pangandaran, reaktivasi kereta api dan penataan beberapa destinasi di Pangandaran,” ujarnya.

Diakhir percakapan, Emil juga meminta masyarakat untuk mau terlibat dan berpartisipasi aktif bagi kemajuan Pangandaran.

“Saya ingin Pangandaran menjadi bukti kekompakan pemerintah dari pusat hingga daerah, masyarakat juga harus berubah jadi lebih gesit,” tegasnya.