Topik: Perikanan

Budidaya Lele Sistem Bioflok Semakin Diminati Warga Pangandaran

  • Sabtu, 14 April 2018 - 09:30
  • Syamsul Arifin
  • dibaca 65 kali
  • Comment

Santri di Pesantren Al-Itqon Cimerak sedang berkegiatan di kolam biofloknya Jumat (13/4). Syamsul Arifin/SPC

Cijulang, SPC – Budidaya Ikan lele melalui sistem kolam terpal atau lebih dikenal dengan sebutan “bioflok” mulai digandrungi warga Kabupaten Pangandaran.

Selain simpel, menurut Sekertaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pangandaran Wawan Kustaman, memelihara ikan lele dengan sistem bioflok lebih mudah dan tidak rentan kematian.

Jumlah warga Kabupaten Pangandaran yang menggeluti budidaya lele, kata Wawan, sekarang sudah mencapai 100 orang. “Itu baru yang perorangan, belum dengan yang kelompok budidaya,” kata Wawan kepada SPC di kantornya, Jumat (13/4).

Pembudidaya lele kelompok sendiri, Wawan menyampaikan, baru beberapa kelompok saja.

“Paling kelompok yang sering dilakukan penyuluhan baru dua kelompok. Itu juga pesantren. Satu Pesantren As-syifa di Padaherang dan Satu lagi Pesantren Al-Itqon di Cimerak,” paparnya.

Lele hasil budidaya warga Pangandaran, Wawan menjelaskan, tidak hanya untuk memenuhi pasar di Pangandaran saja, namun juga dikirim ke luar kota.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top