Topik: Pendidikan

Buka Pendaftaran, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran Mulai Kuliah 2017

  • Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:54
  • Admin
  • dibaca 2191 kali
  • Comment

Ketua Tim Pembentukan Politeknik Kelautan Perikanan Pangandaran Otie DSH (kiri) berfoto bersama Bupati Pangandaran. NS/SPC

Pangandaran, SPC – Setelah Universitas Padjadjaran membuka kampus barunya di Pangandaran, kini giliran Kementerian Kelautan dan Perikanan membuka Politeknik Kelautan Perikanan. Rencananya, perkuliahan akan mulai berjalan akhir tahun ini.

“Kita menghadap Pak Bupati dalam rangka membicarakan Politeknik Kelautan Dan Perikanan, sekarang proses pendaftaran mahasiswa baru sudah berjalan dan akan ditutup 1 September nanti,” tutur Otie DSH, Tim Pembentukan Politeknik Kelautan Perikanan Pangandaran yang juga Dosen STP Jakarta saat ditemui di Kantor Bupati Pangandaran, Kamis (17/8).



Dikatakannya, Politeknik Kelautan Perikanan Pangandaran akan dibangun di kawasan Pelabuhan Cikidang, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran. Ada tiga program studi yang akan dibuka, yakni Program Studi Teknologi Kelautan, Bududaya Perikanan dan Pengolahan Hasil Laut.

“Kita targetkan mahasiswa dari tiga program studi itu sebanyak 75 orang. Sementara sampai saat ini yang sudah mendaftar tercatat sebanyak 71 orang. Nanti akan diseleksi setelah pendaftaran ditutup,” ujarnya.

Otie menjelaskan, 46 persen kuota mahasiswa baru diprioritaskan untuk putra putri pelaku utama perikanan, seperti pembudidaya perikanan, nelayan dan pengolah perikanan. “Sisanya dari umum, pendaftaran ini terbuka secara nasional untuk lulusan SMA dan SMK,” kata dia.

Dikatakannya, biaya perkuliahan seluruhnya ditanggung oleh pemerintah, termasuk akomodasi asrama dan konsumsi mahasiswanya.

Sebelumnya, kata dia, KKP sudah membangun 5 kampus Sekolah Tinggi Perikanan (STP) yakni di Jakarta, Serang, Bogor, Karawang dan Wakatobi. “Kita memilih Pangandaran karena di samping pariwisata, Pangandaran juga dikenal sejak dulu merupakan daerah perikanan dan sekarang sudah menjadi kabupaten mandiri,” ungkapnya.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata berharap hadirnya politeknik Kelautan dan Perikanan dapat meningkatkan SDM di Bidang Kelautan dan Perikanan.

“Kita tahu bahwa nelayan kita masih melaut dibawah tiga mil sehingga belum maksimal, mudah-mudahan keberadaan politeknik ini bisa membantu nelayan. Produksi hasil perikanan bisa meningkat ketika SDM kita sudah paham ilmunya,” kata dia.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

AIDS Healthcare Foundation (AHF) Indonesia menggelar kampanye pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui pertunjukkan musik  Punk di… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top