Topik: Lingkungan

Dua Kecamatan di Pangandaran Rawan Kekeringan

  • Thursday, 3 August 2017 - 08:51
  • Admin
  • dibaca 222 kali
  • Comment

Ilustrasi kekeringan. Foto: inhabitat.com

Parigi, SwaraPangandaran.Com – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Pangandaran melaporkan adanya dua kecamatan yang rawan terdampak kekeringan ketika musim kemarau panjang tiba, yaitu Kecamatan Parigi dan Kecamatan Langkaplancar.

“Berkaca dari musim kemarau tahun 2015 lalu Desa Parakanmanggu Kecamatan Parigi yang paling parah, warga harus berjalan hingga 5 km untuk mendapatkan sumber air,” ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Menurutnya, untuk saat ini belum ada laporan terjadinya kekeringan di tiga titik yang diprediksi rawan terdampak kekeringan tersebut karena dalam beberapa hari kebelakang Kabupaten Pangandaran masih diguru hujan.

“Belum ada laporan yang kekeringan, dari kemarin kita masih diguyur hujan intensitas sedang,” ujarnya.

Untuk langkah antisipasi, menurut Nana, pihaknya sudah meminta bantuan kepada BPBD Jawa Barat. Namun begitu, ia khawatir bantuan tersebut sulit karena perbedaan nomenklatur.

“Kita sudah upayakan minta bantuan untuk antisipasi, tapi sepertinya pesimis, tidak seperti masih BPBD disininya,” tuturnya.

Oleh karena itu, menurut Nana, pihaknya menghimbau kepada masyarakat di dua titik rawan kekeringan tersebut untuk bisa memaksimalkan pipanisasi yang ada di sekitar titik lokasi rawan kekeringan.

“Manfaatakan dan maksimalkan pipanisasi dan weslik dari dinas kesehatan yang ada disana,” ungkapnya.

Apabila sangat mendesak, menurut dia, DPKPB Kabupaten Pangandaran akan memaksimalkan armada pemadam kebakaran untuk mengirimkan air bersih ke titik-titik kekeringan.

“Kalau terpaksa kita kerahkan satu-satunya armada pemadam kebakaran walaupun bukan untuk peruntukanya,” tuturnya.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik… baca selengkapnya

Kiprah

Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia (HAPMI) Kabupaten Pangandaran resmi terbentuk. Kepengurusan HAPMI terpilih setelah puluhan… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top