Topik: Kesehatan

Gedung Puskesmas Bagus, Bupati Ingatkan Tenaga Medis Tidak Judes

  • Rabu, 25 Oktober 2017 - 21:57
  • Admin
  • dibaca 708 kali
  • Comment

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata meresmikan penggunaan Puskesmas Parigi dan Cikembulan, Rabu (25/10). NS/SPC

Pangandaran, SPC – Dua Puskesmas megah yakni Puskesmas Parigi dan Cikembulan diresmikan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran, Rabu (25/10). Kedua Puskesmas tersebut dilengkapi fasilitas ruang rawat inap dengan pendingin udara.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani Achmad Marzuki mengatakan, dua puskesmas tersebut sudah beroperasi melayani masyarakat. “Semua fasilitas puskesmas sudah lengkap, termasuk fasilitas ruang rawat inap, tempat tidur, kamar mandi dan AC sudah ada,” ungkapnya.

Dikatakannya, puskesmas Parigi yang  dan puskesmas Cikembulan mengalami renovasi besar-besaran. “Ada sembilan puskesmas dari 15 puskesmas yang ada di Kabupaten Pangandaran sudah dan sedang dilakukan rehab dan relokasi pembangunan tahun ini. Anggarannya bervariasi, dari tiga sampai enam miliar karena dilengkapi fasilitas rawat inap. Sisa puskesmas yang belum akan dibangun 2018,” ungkapnya.

Dikatakannya, seluruh anggaran pembangunan puskesmas di Pangandaran bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat dan APBD Kabupaten Pangandaran.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan, setelah dilantik, dirinya bersama Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari berkomitmen untuk membangun puskesmas layak.

“Kita ingin merubah dari puskesmas-puskesmas yang kurang layak, acak-acakan dan bau menjadi puskesmas yang bersih dan layak, Alhamdulillah dengan segala upaya kita selama dua tahun ini sudah membangun sembilan puskesmas,” ungkapnya.

Bupati menjamin, sembilan puskesmas yang dibangun mendapatkan fasilitas tempat tidur yang baik untuk dua pasien, ruangan ber AC, TV dan kamar mandi di dal ruangan. “Bupati, Ketua Dewan dan pejabat lainnya difasilitasi dengan kendaraan dan ruman ber AC, sementara masyarakat tidak. Pepeuriheun rakyat henteu, cik ari keur gering mah dikasih fasilitas enak,” ujarnya disambut tepuk tangan para tamu undangan.

Ia mengaku bangga dan gembira mewakili masyarakat Kabupaten Pangandaran. “Sekarang tinggal komitmen para perawat dan tenaga medisnya. Kalau gedung yang bagus ini pelayanannya baeud cemberut, judes yang pasti pasieun juga akan kabur. Tapi kalau pelayanannya bagus, someah, Insya Allah pasien juga cepat sembuh,” ungkapnya.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Organisasi internasional AIDS Healthcare Foundation (AHF) turut memeriahkan ajang “2nd Pangandaran Triathlon” yang digelar di kawasan… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Puluhan atlet peserta ajang “2nd Pangandaran Triathlon” dari berbagai daerah telah hadir di Pangandaran untuk mempersiapkan… baca selengkapnya

Top