Topik: Hajat Laut

Hajat Laut Digelar Lebih Meriah Tahun Ini

  • Jumat, 8 September 2017 - 21:12
  • Admin
  • dibaca 374 kali
  • Comment

Iring-iringan Pesta Hajat Laut 2016. Andi Nurroni/SPC

Pangandaran, SPC – Ajang tahunan Syukuran Nelayan atau lebih dikenal sebagai Hajat Laut direncanakan digelar lebih meriah tahun ini. Dengan konsep baru yang ditawarkan, seremoni ini diharapkan menjadi atraksi wisata yang menarik minat para pelancong.

“Tahun ini pelaksanaanya selama tiga hari berturut-turut. Kalau tahun lalu hanya satu hari saja. Apalagi sekarang pelaksanaanya bertepatan dengan libur panjang, yaitu tanggal 21-23 September mendatang,” ujar Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Aceng Hasim saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/9).



Menurut Aceng, ajang Hajat Laut juga menjadi bagian rangkaian kegiatan  menyambut Hari Jadi Kabupaten Pangandaran ke-5 pada 25 Oktober mendatang. Kegiatan Hajat Laut yang digelar pada 21-23 September sendiri, kata dia, merupakan agenda tingkat kabupaten dan dipusatkan di kawasan wisata Pantai Pangandaran.

“Sementara untuk tingkat rukun nelayan disesuikan waktunya sesuai dengan kebijakan masing-masing rukun nelayan,” ujarnya.

Rangkaian acaranya sendiri, lanjut Aceng, akan diawali arak-arakan yang dimulai dari panggung terbuka Pamugaran. Sejumlah kelompok seni, kata dia, akan ambil bagian, seperti bebegig gorda, ronggeng gunung, kuda lumping, calung dan dongdang.

Menurut Aceng, rencananya Bupati Pangandaran sendiri akan berjalan kaki dari panggung terbuka Pamugaran hingga lokasi hajat laut.

“Lokasinya kembali ke semula, yaitu depan pelelangan ikan pantai timur Pangandaran,” tuturnya.

Rencananya, kata dia, Hajat Laut tersebut akan dihadiri oleh dua menteri, yaitu Menteri Keluatan dan Perikanan serta Menteri PUPR, serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

“Puncaknya itu tabur bunga di Pantai Timur, untuk hiburanya kuda lumping yang akan digelar hingga sore hari,” ungkapnya.

Untuk hari kedua, lanjut Aceng, warga masyarakat akan dihibur dengan pagelaran dangdut pesisir yang akan digelar di Lapangan Katapang Doyong. Anna Zanet,  finalis 12 besar program Bintang Pantura Indosiar sekaligus putra daerah Pangandaran, dijadwalkan tampil menghibur warga.

“Dari siang hingga sore, Anna Zanet akan menghibur warga Pangandaran, malamnya akan digelar wayang golek. Sementara hari ketiga akan ada bazar dan pagelaran seni budaya,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan dilaksanakan pada libur panjang, wisatawan akan tertarik untuk menyaksikan ajang kebudayaan tahunan masyarakat pesisir Pangandaran ini.

“Ya kita harapkan ini dapat menarik minat wisatawan,” ujarnya.



Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Organisasi internasional AIDS Healthcare Foundation (AHF) turut memeriahkan ajang “2nd Pangandaran Triathlon” yang digelar di kawasan… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Puluhan atlet peserta ajang “2nd Pangandaran Triathlon” dari berbagai daerah telah hadir di Pangandaran untuk mempersiapkan… baca selengkapnya

Top