Ingin Nikah Siri, PNS di Pangandaran Harus Tahu Ini

  • Kamis, 12 April 2018 - 09:33
  • Syamsul Arifin
  • dibaca 121 kali
  • Comment

Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Mahmud

Parigi, SPC – Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Pangandaran diwanti-wanti untuk tidak melakukan nikah siri. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Mahmud agar anak-anak buahnya terhindar dari sanksi.

Mahmud menjelaskan, mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No 10 Tahun 1983 dan perubahannya dalam PP 45 Tahun 1990, pernikahan siri di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) baik di kalangan pemerintah pusat maupun daerah tidak diperbolehkan.

“Dalam PP tentang Izin perkawinan dan perceraian PNS tersebut kan sudah jelas ketentuan dan sanksinya,” ujar Mahmud di ruang kerjanya, Rabu (12/4).

Mahmud menyampaikan, hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan mengenai anak buahnya yang melakukan nikah siri atau poligami.

”Sampai saat ini belum ada tuh PNS yang nikah siri atau poligami,” tuturnya.

Kalaupun ada yang minta ijin kepada atasan, tambah Mahmud, pasti kemungikinan mendapat ijin sangatlah kecil. ”Pasti nggak direstui lah, kan harus dapat ijin dari istri pertama juga,” jelasnya.

Jika Inspektorat atau Badan Kepegawaian dan Sumberdaya Manusia mengetahui adanya nikah siri secara diam-diam yang dilakukan PNS, menurut Mahmud, hal tersebut akan ditindaklanjuti dengan investigasi.

”Tapi alangkah baiknya jika istri pertama yang melaporkannya ke BKSDM, jauh lebi bagus,” katanya.

Di akhir percakapan, Mahmud menghimbau menghimbau kepada PNS di Kabupaten Pangandaran untuk patuh terhadap aturan pemerintah yang sudah ada.

”Ada aturan bagi kita, kode etik dan lainnya, saya mengimbau kepada PNS agar melaksanakan kewajiban kita, dan tidak melaksakanakan apa larangan buat kita, intinya harus menahan diri,” tandasnya.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top