Topik: Kesehatan

Kabupaten Pangandaran Kekurangan Bidan

  • Rabu, 30 Agustus 2017 - 16:30
  • Admin
  • dibaca 368 kali
  • Comment

Ilustrasi: Praktik bidan di Kab. Pangandaran.

Pangandaran, SPC – Kabupaten Pangandaran kekurangan jumlah bidan. Saat ini, kabupaten paling muda di Jawa Barat ini baru memiliki 77 tenaga bidan untuk melayani 450 ribu jumlah penduduk di Kab. Pangandaran.

Padahal, rasio ideal pelayanan adalah 100 bidan berbanding 100 ribu jumlah penduduk. Dengan perbandingan ini, Kab. Pangandaran membutuhkan 323 bidan lagi untuk mencapai pelayanan maksimal.

Merespons kondisi ini, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata berharap Kab. Pangandaran mendapat prioritas soal pengadaan tenaga bidan. Ia menyebut terus berkoodinasi dengan pemerintah pusat untuk mendapatkan tambahan PNS tenaga medis, termasuk bidan.

“Apalagi rumah sakit umum daerah saat ini sedang memasuki tahap lelang. Kemungkinan bidan-bidan yang ada akan ditarik ke rumah sakit umum daerah,” ujar Bupati usai menghadiri hari jadi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-66 di aula Hotel Aquarium, Rabu (29/8).

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengapresiasi kinerja para bidan yang mengabdi di Kab. Pangandaran. Sejauh ini, Jeje menilai beberapa indikator sudah terlihat bagus.

“Saya kira pengabdian mereka sudah luar biasa, beberapa indikator sudah terlihat bagus. Saya juga melihat dari cara berkoordinasi dengan masyarakat sudah baik karena saya mendapatkan laporan dari desa dan sebagainya,” ungkapnya.

Selain itu menurutnya, respons dan kepekaan para bidan yang bertugas di Kabupaten Pangandaran terhadap persoalan di lapangan juga sudah cukup bagus.

Sehingga, lanjut Jeje, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) sebagai wadah berhimpun para bidan mampu lebih mengkoordinasikan kembali. Karena kata dia, peningkatan kompetensi menjadi lebih penting bagi para bidan.

“Sekolah, seminar-seminar itu menjadi penting karena kondisi lan dinamis, sering berubah-ubah,” tuturnya.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Organisasi internasional AIDS Healthcare Foundation (AHF) turut memeriahkan ajang “2nd Pangandaran Triathlon” yang digelar di kawasan… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Puluhan atlet peserta ajang “2nd Pangandaran Triathlon” dari berbagai daerah telah hadir di Pangandaran untuk mempersiapkan… baca selengkapnya

Top