Topik: HIV/AIDS

Kampanye Cegah HIV/AIDS, AHF Gelar Konser Metal di Pangandaran

  • Kamis, 15 Maret 2018 - 16:14
  • Syamsul Arifin
  • dibaca 102 kali
  • Comment

Konser hardcore yang digelar oleh AHF di Pangandaran, Minggu (11/3). Syamsul Arifin/SPC

Pangandaran, SPC – Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik ini juga yang dipilih lembaga AIDS Healthcare Foundation (AHF) untuk mengampanyekan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

Melalui konser musik bergenre metal, AHF dan mitra lokal mereka di Pangandaran, Yayasan Matahati, menggelar kampanye pencegahan HIV/AIDS di Gedung Olahraga Setiajaya Pangandaran, Minggu (11/3).

Country Manager AHF Indonesia Riki Febrian memaparkan, konser musik metal yang dilakukan di Pangandaran adalah puncak rangkaian acara bertema “Always in Fashion” yang digelar di beberapa kota di Indonesia. Ajang “Always in Fashion” sendiri merupakan agenda tahunan peringatan Hari Kondom Sedunia, yang merupakan momentum penting kampanye pencegahan HIV/AIDS.

“Tahun kemarin untuk memperingati International Condom Day (ICD) di Pangandaran kan temanya budaya, hari ini kita ingin merangkul anak punk dengan menggelar konser group band Jeruji,” ungkapnya.

Tidak hanya Jeruji, kata Riki, beberapa band metal lokal juga dilibatkan, seperti Bedil Nyengsol dan Crew Fuck Punk Shit.

“Untuk masuk ke konser tiketnya itu adalah melakukan tes HIV di depan, nanti boleh masuk kalau sudah tes,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yadi Sukmayadi mengapresiasi penuh atas konser Jeruji yang digelar di Pangandaran.

“Selama ini tes HIV dianggap hal yang sangat menyeramkan, padahal setiap ada even tes HIV saya sering melakukan tes, dan itu biasa saja,” katanya.

Yadi menghimbau kepada masyarakat untuk sesegera mungkin melakukan tes HIV supaya ketika ketahuan positif bisa cepat ditangani.

“Jangan menunggu sudah parah dulu baru mau di tes, justru sedini mungkin melakukan tes kita bisa mengantisipasi supaya tidak sampai parah dan memasuki masa AIDS,” tandasnya.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top