Topik: Wisata

Kapal Viking Miring, Tim Menteri Susi Tinjau Lokasi

  • Thursday, 9 June 2016 - 19:38
  • Andi Nurroni
  • dibaca 1004 kali
  • Comment
Kapal MV Viking tampak miring. (Andi Nurroni/SwaraPangandaran.Com)

Kapal MV Viking tampak miring. (Andi Nurroni/SwaraPangandaran.Com)

Pangandaran, SwaraPangandaran.Com – Hampir tiga bulan sejak diledakan, kapal pencuri ikan MV Viking hanya dibiarkan tergolek di perairan Pantai Barat Pangandaran. Belakangan, menguatnya arus dan gelombang menyebabkan kapal raksasa ini miring dan bergeser dari posisinya semula.

Rabu (8/6), tim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengunjungi lokasi untuk memeriksa kondisi kapal. Kedatangan tim beranggotakan empat orang ini dilaporkan Komandan Pos AL Pangandaran Peltu Pelaut (P) Dayat Sudrajat yang mendampingi tim.

“Dari pemeriksaan, diketahui kapal telah miring 30-35 derajat dan bergeser dari posisinya semula,” ujar Dayat dijumpai di Markas Pos AL Pangandaran, Kamis (9/6).

Melihat kondisi tersebut, Dayat menyampaikan, ada dua rekomendasi yang dibawa tim KKP ke Jakarta. Pertama, menurut Dayat, adalah pemberian rambu-rambu larangan mendekat ke lokasi kapal, dan kedua, mengembalikan kapal ke posisi semula.

“Kapal harus ditegakan kembali, teknisnya seperti apa, apakah ditarik kapal tundak (tugboat)atau seperti apa, nanti keputusan dari KKP,” kata Dayat.

Dayat menyampaikan, dalam urusan kapal Viking ini, pihak Pos AL yang bertugas mengawasi. Sesekali, kata dia, personelnya menegur masyarkat yang kedapatan naik ke ats kapal untuk menghindari risiko.

Dayat pun mengaku tidak tahu kapan KKP akan mulai membangun kapal tersebut menjadi monumen, seperti yang direncanakan sebelumnya.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik… baca selengkapnya

Kiprah

Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia (HAPMI) Kabupaten Pangandaran resmi terbentuk. Kepengurusan HAPMI terpilih setelah puluhan… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top