Topik: Wirausaha

Keren, Mahasiswa UPI Bandung Latih Ibu-Ibu Cikembulan Wirausaha

  • Selasa, 8 Agustus 2017 - 19:32
  • Admin
  • dibaca 325 kali
  • Comment

Suasana pelatihan kewirausahaan yang digelar mahasiswa UPI Bandung di Desa Cikembulan, Senin (7/8/2017). Andi Nurroni/SPC

Pangandaran,SPC – Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bekerjasama dengan Posdaya Rengganis Desa Cikembulan menggelar seminar kewirausahaan di GOR Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih, Senin (7/8). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Ketua KKN UPI Desa Cikembulan Sulkifli mengatakan, kegiatan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat Desa Cikembulan. “Kami ingin membangun jiwa kewirausahaan masyarakat di sini. Mudah-mudahan mereka termotivasi untuk memanfaatkan potensi yang ada,” ungkapnya kepada SPC di sela kegiatan.

Dikatakannya, berdasarkan hasil pengamatan, Desa Cikembulan memiliki banyak sumber daya alam yang belum dimanfaatkan secara optimal. “Kami melihat banyak potensi seperti hasil bumi, namun yang jadi pengusaha malah kebanyakan pendatang,” ujarnya.

Sulkifli mengatakan kewirausahaan merupakan salah satu program kegiatan KKN selain bidang pendidikan, lingkungan hidup, keagamaan dan kesehatan. Dikatakannya, selain seminar kewirausahaan, kegiatan juga diisi dengan pelatihan keterampilan berhijab dan make up.

“Harapan kami masyarakat yang sudah punya usaha lebih sukses dan yang belum punya usaha bisa memulainya,” kata dia.

Kades Desa Cikembulan Ramsai Anjasmara menyambut baik kegiatan seminar yang dilaksanakan mahasiswa UPI. “Kami sangat mengapresiasi mahasiswa UPI yang bisa melaksanakan kegiatan positif, ini juga baru pertama kalinya ada seminar yang diselenggarakan mahasiswa KKN,” ungkapnya.

Dirinya berharap masyarakat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencari ilmu dan pengetahuan. “Setelah seminar ini mudah-mudahan bisa merealisasikan apa yang disampaikan pemateri,” ujarnya.

Kegiatan seminar sendiri mendatangkan nara sumber dari Business Development Center (BDC) Kab. Pangandaran serta Kamar Dagang dan Industri Kab. Pangandaran yang saat ini tengah mendorong pengembangan produk-produk UMKM di Kabupaten Pangandaran.

Ketua Kadin Pangandaran Teddy Sonjaya juga berharap masyarakat tergerak untuk memanfaatkan potensi. “Kita daerah wisata, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan, jangan sampai jadi penonton saja,” ungkapnya.

Pihaknya sangat terbuka untuk membantu masyarakat yang ingin mengembangkan UMKM di Kabupaten Pangandaran.

“Saat ini kami juga terus mendorong, memfasilitasi dan mengembangkan produk-produk masyarakat agar bernilai jual lebih tinggi sehingga membantu para pelaku UMKM untuk lebih sejahtera,” ungkapnya.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

AIDS Healthcare Foundation (AHF) Indonesia menggelar kampanye pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui pertunjukkan musik  Punk di… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top