Topik: Ekonomi

Keren, Warga Pesisir Cimerak Dilatih Membuat Garam

  • Wednesday, 7 March 2018 - 20:30
  • Syamsul Arifin
  • dibaca 299 kali
  • Comment

Kolam garam sistem tunel di Desa masawah yang menjadi objek pelatihan warga Rabu (7/3). Syamsul Arifin/SPC

Cimerak, SPC – Warga dari empat desa di Kecamatan Cimerak mengikuti pelatihan pembuatan garam, Rabu (7/3). Warga berasal berasal dari Desa Kertamukti, Desa Legokjawa, Desa Ciparanti dan Desa Masawah.

Pelatihan pembuatan garam dengan sistem tunel atau metode tertutup ini digelar di pesisir Desa Masawah. Pelatihan yang pertama kali di Kabupaten Pangandaran ini diprakarsai Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pangandaran.

Koordinator penyuluh perikanan Kabupaten Pangandaran, Jaji, menjelaskan, pihaknya menghadirkan penggarap garam di Desa Bunton, Kabupaten Cilacap, sebagai pelatih.

“Wilayah Cilacap apa bedanya dengan wilayah Pangandaran, kalau Cilacap bisa bikin garam kenapa kita tidak,” ucapnya.

Dipilihnya Kecamatan Cimerak sebagai lokasi pengembangan garam, menurut Jaji, sejalan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pangandaran, di mana Kecamatan Cimerak salah satu diproyeksikan menjadi salah satu kawasan agroindustri dan perikanan.

“Pantai yang lain kan sudah dikhususkan jadi tempat wisata, di Cimerak yang masih fresh justru berpeluang untuk pembuatan garam,” tambahnya.

Jaji berharap, meskipun pelatihan digelar di Desa Masawah, peserta pelatihan dari desa lain dapat mengaplikasikan yang mereka pelajari di desa masing-masing.

“Antusias warga yang mengikuti pelatihan cukup tinggi, saya harap Pak Bupati juga mendukung program ini sebagai penyerap tenaga kerja, juga menjadikan Kabupaten Pangandaran sebagai daerah mandiri garam,” tandasnya.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik… baca selengkapnya

Kiprah

Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia (HAPMI) Kabupaten Pangandaran resmi terbentuk. Kepengurusan HAPMI terpilih setelah puluhan… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top