Topik: Wisata

Minim Terobosan, Bupati Ancam Ambil Alih TWA Pananjung

  • Kamis, 6 Juli 2017 - 09:38
  • Andi Nurroni
  • dibaca 299 kali
  • Comment

Wisatawan lokal keluar dari kawasan TWA/CA Pananjung Pangandaran. Andi Nurroni/SP.Com

Parigi, SwaraPangandaran.Com – Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengritik kinerja Perum Perhutani dalam mengelola Taman Wisata Alam (TWA) Pananjung. Jeje mengirimkan sinyal ancaman untuk mengambil alih pengelolaan TWA dari Perhutani.

“TWA tidak dibangun, tidak dipelihara dengan baik. Binatangnya banyak yang sakit, keluar kawasan dan mengganggu warga,” ujar Jeje kepada wartawan di Kator Bupati beberapa waktu lalu.

Mengevalusi kondisi tersebut, pihaknya memberi tenggat waktu berbenah kepada pihak Perhutani. Jika dalam waktu dekat tidak terjadi perubahan, menurut dia, Pemkab. Pangandaran akan mengambil sikap.

“Kalau sampai 2017 TWA tidak dipelihara dengan baik, kita minta ke Menteri untuk kita kelola, yakin PAD kita tambah banyak,” ujar Jeje.

Baca juga: Dewan Kritik Perhutani, Wacanakan Ambil Alih TWA Pananjung

Menurut Jeje, selama ini, Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pananjung (TWA/CA) merupakan salah satu ikon penting pariwista Kab. Pangandaran. Jeje yakin, dengan pengelolaan oleh Pemkab Pangandaran, pihaknya bisa mengembalikan reputasi baik obyek wisata ini.

Selain memperbaiki TWA, Jeje juga menyoroti mahalnya tiket masuk ke TWA/CA untuk turis asing. Jeje menyebut kondisi tersebut menjadi salah satu alas an agar Pemkab bisa mengintervensi pengelolaan TWA/CA.

“Pasir putih juga, yang sekarang masuk Cagar Alam, akan kita minta untuk kita kelola,” ujar dia.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, pihak Perum Perhutani belum merespons permohonan wawancara terkait isu ini.

Baca juga: Dianggap Gagal Kelola TWA Pananjung, Perhutani Ramai-Ramai Dikritik

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

AIDS Healthcare Foundation (AHF) Indonesia menggelar kampanye pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui pertunjukkan musik  Punk di… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top