Topik: Lingkungan

Miris, Poster Calon Gubernur Marak Dipaku di Pohon

  • Rabu, 6 Desember 2017 - 20:36
  • Syamsul Arifin
  • dibaca 119 kali
  • Comment

Poster-poster salah satu tokoh politik terpaku di pohon-pohon di Desa Wonoharjo, Jalan Raya Pangandaran-Cijulang. Ishak Robiansyah/SPC

Parigi, SPC – Masa kampanye belum menjelang, alat promosi para calon gubernur Jawa Barat sudah marak bertebaran di Kabupaten Pangandaran. Sayang, sebagian besar alat promosi dipaku di pohon-pohon.

Alat promosi dalam berbagai bentuk, mulai dari poster, spanduk hingga baliho, bertebaran di pinggir-pinggir jalan utama, mulai dari wilayah selatan hingga barat Kabupaten Pangandaran.

Alat-alat promosi tersebut memuat gambar para pesohor yang disebut-sebut akan bersaing di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang, sebut saja Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, Anton Charliyan dan beberapa figur lainnya.

Kondisi ini mengundang keprihatinan berbagai pihak. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangandaran Surya Darma menyayangkan tindakan para politisi dan tim mereka yang memaku gambar-gambar calon gubernur di pohon-pohon.

Walaupun belum ada larangan khusus tentang pemasangan media promosi politik di pohon pinggir jalan, Kata surya, hal tersebut sangat mengganggu estetika sekaligus merusak pohon.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja supaya menertibkan gambar-gambar tersebut,” katanya.

Keprihatinan juga disampaikan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu)Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan. Sayang, menurut Iwan, pihaknya belum bisa bertindak karena masa kampanye belum dimulai.

“Paling kita bisa menindak tegas setelah ada fase pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur di tahun depan,” ujar Iwan.

Pegiat lingkungan Batukaras Clear Yadi Setiadi (27) meminta pihak-pihak yang memasang media promosi di pohon-pohon segera menertibkan properti mereka. “Tindakan ini tentu merusak sekaligus membunuh pohon,” kata Yadi.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

AIDS Healthcare Foundation (AHF) Indonesia menggelar kampanye pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui pertunjukkan musik  Punk di… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top