Topik: Perikanan

Natuna Disiapkan Jadi Pasar Ikan Terbesar di Asia Tenggara

  • Thursday, 14 July 2016 - 07:03
  • Andi Nurroni
  • dibaca 730 kali
  • Comment
Kepulauan Natuna. Foto: www.triptrus.com

Kepulauan Natuna. Foto: www.triptrus.com

Jakarta, SwaraPangandaran.Com – Pemerintah berrencana menjadikan Kabupaten Natuna di Provinsi Kepulauan Riau menjadi pasar ikan terbesar di Asia Tenggara. Potensi ikan yang melimpah di perairan Natuna disebut merupakan potensi yang belum teroptimalkan.

“Kami berharap ini jadi pasar lelang ikan terbesar se-Asia Tenggara. Kalau Saudara ke Jepang, ada fish market, itu lelang ikan paling besar, kebanyakan ikannya dari Indonesia. Jadi nanti orang dari Hongkong mencari ikan, datang ke situ,” kata Rizal di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Rabu (13/07).

Dilansir Kantor Berita Radio, Rizal mengatakan, sebagai strategi awal, dia akan memindahkan sekitar 400 nelayan dari kawasan pantai utara Jawa seperti Rembang dan Jepara dengan kapasitas kapal di atas 30 gross ton ke perairan Natuna.

Ditargetkan, pemerindahan itu rampung akhir Oktober tahun ini. Dengan strategi itu, kapasitas tangkapan ikan bakal meningkat dari yang saat ini masih 9,3 persen menjadi 40 persen. Agar pekerjaan nelayan lebih efisien, di kawasan itu juga akan dibangun rumah susun sebagai tempat tinggal. Sehingga, nelayan tak perlu lagi bolak-balik Jawa-Natuna.

Kemudian, menurut Rizal, pihaknya ingin membangun pusat pendingin ikan dan komplek tempat pelelangan ikan yang besar. Dengan demikian, seluruhh aktivitas penjualan ikan bisa tersentral di satu tempat. Nantinya, kata dia, para pembeli dari berbagai negara bisa mendatangi Natuna untuk mendapatkan ikan.

Rizal menyesalkan, selama ini, perairan Natuna lebih banyak dieksploitasi oleh pihak asing. Menurut dia, hal ini menjadi perhatian serius pemerintah.

“Kami rapat khusus bagaimana mempercepat pembangunan dan kesejahteraan di Kepulauan Natuna. Karena ini di ujung luar Indonesia yang potensinya besar. Meski sudah diakui oleh UNCLOS, alangkah lebih bagusnya kalau kita mempunya program-program kongkret,” kata Rizal di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Rabu (13/07/16).

 

 

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik… baca selengkapnya

Kiprah

Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia (HAPMI) Kabupaten Pangandaran resmi terbentuk. Kepengurusan HAPMI terpilih setelah puluhan… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top