Topik: Lingkungan

Nelayan Serahkan Penyu Terjerat Jaring Ke Penangkaran

  • Sabtu, 25 November 2017 - 20:13
  • Syamsul Arifin
  • dibaca 31 kali
  • Comment

 

Pengelola penangkaran penyu Batuhiu Didin menunjukan salah satu penyu yang dirawat di tempatnya. Foto: istimewa.

Parigi, SPC – Dalam sepekan terakhir, dua penyu diserahkan nelayan Pangandaran ke penangkaran. Penyu-penyu tersebut terjerat jaring nelayan.

Pengelola penangkaran penyu Batuhiu Didin (55) melaporkan, dua penyu yang diserahkan nelayan adalah jenis penyu hijau. Didin mengaku sangat senang atas sikap responsif nelayan.

“Kami sangat bersyukur karena nelayan sudah mulai sadar untuk menyerahkan penyu ke penangkaran secara sukarela untuk diobati dan dirilis ke laut,” ujar Didin kepada SPC, Sabtu (25/11).



Anggota Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmaswas) Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi Kusin (52) mengatakan, Kesadaran nelayan mengenai perlindungan satwa penyu sekarang sudah mulai tumbuh.

Kusin melaporkan, setiap bulan memang selalu ada penyu yang terjerat jaring. Jika kondisinya sehat, kata dia, penyu langsung dilepaskan nelayan. Sementara jika keadaan penyu luka, menurut Kusin, nelayan akan menyerahkannya ke penangkaran untuk diobati.

Ia menceritakan, dulu, sebelum sosialisasi perlindungan penyu gencar dilakukan, penyu yang terjerat jaring biasanya disembelih dan dikonsumsi.

“Kesadaran nelayan memang tidak bisa tumbuh secara langsung, jadi harus pelan pelan terus disadarkan baik oleh Pokmaswas ataupun masyarakat lain,” tuturnya

Tidak hanya sosialisasi mengenai pelestarian satwa penyu, Lusin mengaku pembatasan penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan juga dilakukan.

“Seperti penggunaan longline atau rawai senggol, kan sekarang dilarang,” ujar dia.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Organisasi internasional AIDS Healthcare Foundation (AHF) turut memeriahkan ajang “2nd Pangandaran Triathlon” yang digelar di kawasan… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Puluhan atlet peserta ajang “2nd Pangandaran Triathlon” dari berbagai daerah telah hadir di Pangandaran untuk mempersiapkan… baca selengkapnya

Top