383 Lelaki Penyuka Sejenis Ditemukan di Pangandaran, 15 Siswa

0
2216
Ilustrasi gambar

Pangandaran, SPC- Setidaknya 383 orang lelaki penyuka sesama jenis atau lelaki suka lelaki (LSL) ditemukan di Kabupaten Pangandaran. Mereka merupakan komunitas yang rawan terpapar HIV/AIDS.

Manajer Program Yayasan Matahati (mitra Aids Healthcare Foundation (AHF)) Agus Abdullah melaporkan, sejumlah 383 LSL berusia rata rata 25 tahun, di mana 15 orang di antaranya pelajar.

Mengutip data Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran 2017, menurut Agus, 32 LSL ditemukan positif terpapar HIV. Dari jumlah tersebut, kata Agus, 24 menjadi dampingan AHF.

“Tapi cuma 12 orang yang masih mengakses Anti Retroviral Virus (obat terapi) dan sisanya tidak,” kata Agus kepada SPC (10/10).

“Penularan di kalangan LSL, di antaranya kalau mereka pernah dipaksa melakukan penetrasi seksual melalui dubur,” tegas Agus.

Sementara menyangkut 15 orang dari kalangan pelajar, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran Surman merasa baru mengetahui hal tersebut.

“Ya kalau sudah ketemu data seperti ini, nanti akan saya coba perintahkan seluruh Kepala Sekolah untuk memberikan pembinaan yang lebih intens kepada siswa,” tutur Surman.

Program Ajengan Masuk Sekolah (AMS) ucap ia juga diharapkan bisa membimbing siswa supaya tidak melanggar norma.