Daftar Bacaleg Segera Dirilis, Warga Diminta Lapor Calon Bermasalah

0
44
Ketua Pokja Pencalonan DPRD KPU Pangandaran saat dikonfirmasi di Kantornya Selasa (7/8). Syamsul Arifin/SPC

Parigi, SPC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran segera merilis nama-nama bakal calon anggota legeslatif. Calon bermasalah akan direkomendasikan untuk diganti.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pencalonan DPRD KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin menjelaskan 8 Agustus besok proses pencalonan anggota legeslatif sudah memasuki tahapan penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Kita kan mengikuti jadwal yang diberikan KPU RI, jadi semua daerah pasti sudah masuk tahapan yang sama, hari ini kita masih terus memverifikasi persyaratan calon” tegasnya.

Setelah tahapan ini, Muhtadin merinci, yang terdekat ada tahapan Pengumuman DCS pada 12-14 Agustus.

“Pasca pengumuman, pada tanggal 12-21 Agustus, Masyarakat akan diminta tanggapan terkait para Bakal Calon,” tuturnya.

Para bakal calon, ucap Muhtadin, pada rentan waktu delapan hari akan diuji kelaiakan melalui tanggapan masyarakat. Uji kelaikan ini, kata dia, berdasar kepada fakta integritas.

Ada tiga fakta integritas, ucap Muhtadin, di antaranya tidak pernah terlibat kejahatan narkoba, tidak pernah berkaitan dengan kejahatan anak, dan terakhir tidak pernah terlibat kasus korupsi.

“Kalau terbukti melanggar fakta integritas, KPU akan berkompromi dengan Partai Politik dan akan meminta untuk mengganti calon yang sudah terdaftar di DCS,” tegas Muhtadin.

Kompromi dengan Partai Politik ini, menururt Muhtadin, akan dilakukan dalam tahapan klarifikasi Partai Politik kepada KPU di tanggal 22-28 Agustus untuk kemudian masuk ke tahap Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

“Nanti setelah semuanya clear, baik dari Partai Politik dan tanggapan masyarakat, para calon akan ditetapkan menjadi DCT ditanggal 20 September. Setelah itu baru boleh kampanye,” tandasnya.