Hebat, Pangandaran Juara Umum Kualifikasi Berkuda Porda Jabar

0
166
Kontingen Pordasi Kabupaten Pangandaran berfoto bersama di arena pacuan kuda Legokjawa Minggu (7/1). Syamsul Arifin/SPC
Kontingen Pordasi Kabupaten Pangandaran berfoto bersama di arena pacuan kuda Legokjawa Minggu (7/1). Syamsul Arifin/SPC

Cimerak, SPC- Kabupaten Pangandaran menempatkan diri sebagai juara umum dalam Kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat Tahun 2018 yang dilaksanakan di Pacuan kuda Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Minggu (7/1).

Pengurus Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kabupaten Pangandaran Asep Noordin menyampaikan, Pangandaran berhasil menyabet delapan medali, dengan rincian 3 emas, 2 perak dan 3 perunggu.



“Alhamdulillah, kita juara umum di kualifikasi. Tapi saya tidak terlalu bangga karena penglihatan kita masih ada beberapa kuda yang tidak diturunkan,” katanya.

Untuk persiapan hari-H Porda pada Oktober tahun ini, menurut Asep, pihaknya akan terus berbenah. Kesehatan kuda dan atlet joki, menurut Asep, harus dalam pengawasan kontingen.

Perawatan kuda dan atlet joki, tegas Asep, pola hidupnya harus teratur karena berat badan saja bisa mempengaruhi terhadap pertandingan.

“Kita tidak muluk-muluk untuk juara umum di Porda, tapi setidaknya kita bisa bicara bahwa Pangandaran yang notabene daerah otonomi baru punya kualitas dalam cabang olahraga ini,” imbuhnya.

Dari sisi sejarah, menurut Asep, olahraga berkuda memiliki akar historis dan budaya di Kabupaten Pangandaran. Hal itu, kata Asep, ditandai dengan adanya beberapa lapang pacuan kuda, seperti di Legokjawa dan Bojongsalawe.

“Bahkan ada yang namanya Wonoharjo stable milik almarhum Soma Aep dan sudah melahirkan kuda-kuda yang menjuarai ajang kuda pacu di tingkat nasional,” katanya.

Di akhir pembicaraan Asep berharap, para pengusaha dan pejabat harus melirik olahraga ini karena selain berenang dan memanah, berkuda adalah olahraga yang didasari sunnah Rasululloh SAW.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukan komentar anda!
Silahkan masukan nama anda di sini