HUT ke-35, SMA 1 Parigi Danai Siswa Wirausaha

0
870
Salah satu kelompok siswa SMAN 1 Parigi peserta bazar wirausaha menyambut pengunjung. AN
Salah satu kelompok siswa SMAN 1 Parigi peserta bazar wirausaha menyambut pengunjung.  AN
Salah satu kelompok siswa SMAN 1 Parigi peserta bazar wirausaha menyambut pengunjung. AN

SwaraPangandaran.Com – Beragam cara bisa dipilih sebuah lembaga saat merayakan hari jadi. Begitupun SMAN 1 Parigi, Kabupaten Pangandaran yang tengah merayakan HUT ke-35​.

Di samping kegiatan seremonial, salah satu sekolah favorit di Kabupaten Pangandaran ini menggelar ajang edukatif bertema kewirausahaan. Tak main-main, pihak sekolah memberikan modal Rp 500 ribu untuk setiap peserta.

Para peserta adalah perwakilan 32 kelas yang ada di SMAN 1 Parigi. Untuk memacu kreativitas dan semangat peserta, disiapkan dewan juri untuk menilai konsep dan praktik wirausaha terbaik.

Macam-macan makanan yang disajikan para siswa. Mulai dari minuman, makanan hingga suvenir. Mereka juga menghias stan-stan mereka seunik mungkin.

Kepala SMAN 1 Parigi Sukirman menyampaikan, bazar kewirausahaan digelar untuk menguatkan kekhasan sekoalah tersebut sebagai rujukan di bidang pengembangan kewirausahaan.

“Kami di antaranya mengembangkan produk jahe merah, jus honje kerajinan batok kelapa dan kerajinan anyaman lidi,” kata Sukirman ketika memberikan sambutan​ dalam peringatan HUT ke-35 SMAN 1 Parigi, Selasa (29/11).​

Menurut Sukirman, SMAN 1 Parigi bercita-cita melahirkan generasi muda yang mencintai kewirausahaan dan berwatak mandiri. Dengan dicanangkannya Kabupaten Pangandaran sebagai tujuan wisata dunia, kata Sukirman, kesempatan berwirausaha sangat menjanjikan.

Selain bazar, kata Sukirman, rangkaian HUT ke-35 SMAN 1 Parigi juga diisi dengan lomba-lomba Bahasa Inggris, lomba seni tradisi, serta lomba menyanyi.

Turut menghadiri kegiatan, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan ucapan selamat untuk keluarga besar SMAN 1 Parigi. Lebih jauh, Bupati menantang SMAN 1 Parigi agar semakin kreatif dan berprestasi.

“Di tangan generasi muda lah masa depan Pangandaran. Harumkanlah nama daerah di tingkat provinsi atau nasional,” ujar Jeje.

Kepada para siswa, Jeje menekankan agar mereka hidup secara positif dengan menjauhi narkoba, menghormati orangtua dan guru serta menjauhi hal-hal negatif.