Warga Pesisir di Kecamatan Cimerak Sukses Kembangkan Garam

0
116
Warga dari 4 Desa Di Kecamatan Cimerak Sedang Panen Garam di lahan yang menjadi sample pembuatan Kamis (10/5). Syamsul Arifin/SPC

Cimerak, SPC – Warga di pesisir pantai Masawah, Kecamatan Cimerak berhasil mengembangkan pembuatan garam. Sebelumnya, warga perwakilan dari 4 desa sempat mengikuti pelatihan pembuatan garam.

“Penantian kami selama ini tidak sia-sia, air laut yang ditampung kini sudah menjadi garam,” tutur Ukan Sukandi, Kepala Desa Masawah kepada SPC, Kamis(10/5).

Ukan menjelaskan, pembuatan garam dilakukan dengan sistem tunel. Dari kolam berukuran 5X6 meter, terbukti efektif menghasilkan garam sebanyak 130 Kg.

“Ini baru panen pertama, setiap seminggu sekali kita bisa panen secara terus menerus,” jelasnya.

Menurutnya, potensi garam di pesisir Cimerak sangat melimpah. Pihaknya akan terus mengembangkan pembuatan garam sesuai keilmuan yang didapatkannya dari hasil pelatihan.

“Ini bisa jadi sektor usaha baru, bisa untuk mengurangi pengangguran yang terjadi selama ini di desa kami,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pemerintah desa akan membantu para petani garam yang merintia usahanya dengan kucuran dana sebesar Rp 15 juta.

“Kami akan sangat gembira jika pemerintah, baik pusat, kabupaten maupun provinsi turut membantu pengembangan usaha di sektor ini,” pungkasnya.(*)