Topik: Sejarah

Oejeng Soewargana, Orang Pangandaran di Pusaran Dinas Rahasia

  • Selasa, 17 Oktober 2017 - 20:32
  • Andi Nurroni
  • dibaca 776 kali
  • Comment

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di Bandung, utamanya Oejeng dikenal sebagai pengusaha penerbitan, budayawan, serta tokoh intelektual yang menulis berbagai buku.

Gambar diri Oejeng Soewargana. Foto: Santi JN

Aktivitasnya sebagai pengusaha cum cendekia membuat pergaulannya sangat luas. Figur-figur Sunda yang kini ditokohkan atas jasa-jasanya, seperti Koko Koswara (seniman), Moh. Koerdie (tokoh pers), Udjo Ngalagena (seniman) serta para tokoh Jawa Barat lainnya pada masa itu bergaul dan menimba ilmu “semeja” bersamanya.

Seperti tak pudar oleh jaman, nama dan berbagai buah pikiran Oejeng Soewargana hingga kini masih sering disebut-sebut dalam berbagai naskah akademis. Uniknya, pendapat-pendapat Oejeng dirujuk untuk berbagai bidang keilmuan, mulai dari pengajaran Bahasa  Sunda, pendidikan anak, ilmu pendidikan, politik hingga kemiliteran.

Meski rekam jejak Oejeng sebagai penulis bisa dengan mudah bisa ditelusuri di internet, namun catatan mengenai sosok pribadinya tidak mudah ditemukan. Santi JN, seorang peminat buku lawas, pernah menuliskan sedikit kisah Oejeng di internet dengan judul: “Tokoh Perbukuan di Bandung; Oejeng Soewargana yang Misterius”.

Kemisteriusan Oejeng barangkali berkenaan dengan sisi pekerjaan Oejeng yang lain. Oejeng yang sempat mengikuti pendidikan militer di Korps Perwira Cadangan (CORO) Hindia-Belanda pada 1941, tercatat pernah berkarir di dunia militer hingga mencapai level Mayor TNI di Divisi Siliwangi.

Dari sana pula Oejeng mengenal Abdul Haris Nasution, sosok yang kelak menjadi pimpinan tertinggi ABRI dan menjadikan Oejeng orang kepercayaannya. Kisah kedekatan Oejeng dengan Jenderal Besar AH Nasution memang bukan semata desas-desus.

Lanjut hal. 2

123
Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Organisasi internasional AIDS Healthcare Foundation (AHF) turut memeriahkan ajang “2nd Pangandaran Triathlon” yang digelar di kawasan… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Puluhan atlet peserta ajang “2nd Pangandaran Triathlon” dari berbagai daerah telah hadir di Pangandaran untuk mempersiapkan… baca selengkapnya

Top