Pangandaran Akan Bangun Sejumlah Alun-Alun

  • Selasa, 30 Mei 2017 - 20:57
  • Andi Nurroni
  • dibaca 1029 kali
  • Comment

Warga melintas di kawasan bunderan “Tugu Ikan” yang akan menjadi bagian dari proyek RTH “beranda Pangandaran”. Andi Nurroni/SP.Com

SwaraPangandaran.Com – Pemerintah Kabupaten Pangandaran merencanakan pembangunan sejumlah alun-alun. Alun-alun paling besar direncanakan dibangun di Desa Pangandaran (Kecamatan Pangandaran), di lahan Lapangan Merdeka saat ini.

Selain itu, alun-alun lain juga akan dibangun di Desa Parigi (Kecamatan Parigi), di Desa Cikembulan (Kecamatan Sidamulih) dan Desa Kalipucang (Kecamatan Kalipucang). Pengerjaan alun-alun tersebut dilakukan bertahap dengan sejumlah pos sumber dana.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menjelaskan, alun-alun Lapangan Merdeka akan dilengkapi dengan taman terbuka, panggung pertunjukan, jogging track serta patung Soekarno-Hatta.

“Sesuai dengan namanya, Lapangan Merdeka, ada tokoh Soekarno-Hatta, dan naskah proklamasi,” kata Jeje belum lama ini.

Jeje melanjutkan, alun-alun Lapangan Merdeka merupakan bagian dari proyrek ruang terbuka hijau (RTH) yang menjadi beranda Kabupaten Pangandaran. RTH tersebut, kata Jeje, mencakup kawasan patung ikan hingga ke kawasan boulevard, serta dari depan Pasar Pananjung hingga ke Lapangan Merdeka.

“Anggarannya Rp 16 miliar, saat ini sedang finalisasi DED (design engineering design),” ujar dia

Sementara alun-alun di Desa Parigi, kata Jeje, menjadi bagian dari alun-alun pusat pemerintahan. Meski perkantoran instansi akan dibangun di Desa Cintakarya, kata Jeje, kantor bupati dan rumah dinas bupati akan berada di sekitar alun-alun.

“Nanti ada lapangan upacara, ada air mancur, dan lain-lain,” ujar Jeje.

Untuk alun-alun Desa Cikembulan, menurut Jeje, pihaknya sedang mengupayakan sumber pendanaan dari dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Sementara alun-alun Desa Kalipucang, kata dia, akan dibehani pada 2018 mendatang.

“Kita berharap ada transit sebelum wisatan masuk ke Pangandaran,” kata dia.

Selain alun-alun, menurut Jeje, Pemkab Pangandaran juga akan membangun gapura di perbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya.

“Jalan-jalan juga akan kita namai kembali, ada Jalan Ir. Soekarno, Jalan Jenderal Soedirman, dan lain-lain,” ujar dia.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

AIDS Healthcare Foundation (AHF) Indonesia menggelar kampanye pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui pertunjukkan musik  Punk di… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top