Topik: Pendidikan

Pangandaran Akan Miliki Lima Perguruan Tinggi

  • Selasa, 30 Mei 2017 - 21:11
  • Andi Nurroni
  • dibaca 1414 kali
  • Comment

Mahasiswa Unpad Multikampus Pangandaran berfoto di depan kampus mereka di Desa Cikangkung, Kec. Sidamulih. Dok: Unpad.

SwaraPangandaran.Com – Posisi Kabupaten Pangandaran sebagai daerah otonom baru menarik minat perguruan tinggi untuk mendirikan kampus di wilayah tersebut. Kondisi ini diharapkan dapat meningkatkan angka partisipasi warga ke perguruan tinggi.

Setidaknya ada lima perguruan tinggi yang sudah dan akan dibangun di Kabupaten Pangandaran. Kelima perguruan tinggi  adalah Universitas Padjajaran Multikampus Pangandaran, Universitas Galuh, Univeraitas Saleh Budiman, Sekolah Tinggi Perikanan dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Nahdlatul Ulama (STITNU) Al Farabi.

Univeraitas Multikampus Pangandaran dan STITNU Al Farabi saat ini sudah memulai perkuliahan. Univeraitaa Galuh dan Univeraitas Saleh Budiman, masing-masing sedang membangun gedung perkuliahan, sementara Sekolah Tinggi Perikanan sedang merencanakan pembangunan.

Berdasarkan data statistik pendidikan Kabupaten Pangandaran, angka partisipasi kasar (APK) masyrakat kabupaten ini untuk jenjang perguruan tinggi baru ada di angka 8 persen. Itu adalah hasil

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata sebelumna menyarankan, perguruan tinggi yang akan masuk ke Pangandaran untuk mempertimbangkan matang jurusan yang akan dibuka. Jangan sampai terdapat kampus berbeda yang membuka jurusan atau program studi yang sama.

Kondisi itu dikhawatirkan membuat keberadaan beberapa perguruan tinggi di Kabupaten Pangandaran menjadi tidak efektif. Lebih jauh lagi bahkan bisa sepi peminat karena berebut calon mahasiswa. Bagaimana, pun jumlah lulusan SMA sederajat tentu tidak sebanyak lulusan jenjang SD.

Namun pada dasarnya, kata Bupati, Pemkab Pangandaran terbuka untuk perguruan tinggi mana pun yang ingin membuka perkuliahan di kabupaten ini. Tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku, yang boleh membuka multi kampus adalah perguruan tinggi berakreditasi A.

Jeje meyakini, akan terdapat peningkatan tajam partisipasi kuliah masyarakat Pangandaran dengan hadirnya kampus-kampus di wilayah tersebut.

“Awalnya APK jenjang perguruan tinggi Kabupaten Pangandaran kan 8 persen, dengan adanya multi kampus Unpad saja, lumayan bisa meningkat jadi 20 persen,” ujar Jeje mengemukakan perhitungannya.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

AIDS Healthcare Foundation (AHF) Indonesia menggelar kampanye pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui pertunjukkan musik  Punk di… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top