Topik: Agama

Pangandaran Bersiap Amankan Natal

  • Minggu, 11 Desember 2016 - 07:56
  • Admin
  • dibaca 650 kali
  • Comment
Pekerja mengecat pagar gereja di Desa Pangandaran, Kecamatan pangandaran yang akan digunakan untuk perayaan Natal. AN

Pekerja mengecat pagar gereja di Desa Pangandaran, Kecamatan pangandaran yang akan digunakan untuk perayaan Natal. AN

Pangandaran, SwaraPangandaran.Com – Pemerintah Kabupaten Pangandaran tidak ingin ada gangguan keamanan saat perayaan Natal pada 25 Desember mendatang. Untuk itu, Pemkab Pangandaran mulai membangun komunikasi dengan berbagai pihak agar perayaan Natal berjalan kondusif.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pangandaran Sunendar menyampaikan, dalam waktu dekat, pihaknya akan mengundang Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), aparat keamanan serta tokoh-tokoh masyarakat untuk membahas persiapan Natal.

“Intinya, negara menjamin hak setiap warga untuk beribadah sesuai keyakinannya. Untuk menghindari potensi kesaalahfahaman, diperlukan komunikasi,” ujar Sunendar melalui sambungan telepon, Kamis (8/12).

Sunendar menyampaikan, pihaknya secara khusus memberikan perhatian terhadap rencana penyelenggaraan Natal komunitas Katholik. Pasalnya tahun lalu, kata dia, sempat terjadi penolakan warga yang menganggap tempat beribadah mereka tidak berizin.

“Kami akan coba melakukan pendekatan terhadap tokoh-tokoh dan masyarakat sekitar,” ujar Sunendar.

Sunendar melaporkan, di Pangandaran, ada lima kelompok ibadah umat Kristiani. Dari lima kelompok tersebut, kata dia, hanya satu yang memiliki tempat ibadah resmi.

“Empat lainnya itu rumah yang dijadikan tempat ibadah, termasuk yang di Penginapan Bintang Timur (Katholik),” kata Sunendar.

Sunendar berharap, masyarakat Kabupaten Pangandaran tidak terprovokasi oleh isu gesekan umat beragama yang terjadi di luar daerah.

Dimintai pendapat, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pangandaran Encep Najmudin sependapat bahwa setiap warga negra dijamin haknya untuk memeluk keyakinan dan beribadah.

Jika satu golongan umat beragama menemukan ada persoalan dengan kelompok umat agama lain, menurut Encep, sebaiknya diselesaikan melalui peran negara.

Encep menyampaikan,GP Ansor mendukung sepenuhnya ketertiban perayaan Natal di Kabupaten Pangandaran. Terkait keamanan, Encep sepenuhnya menyerahkan kepada aparat keamanan.

Namun jika diperlukan, kata dia, pihaknya siap secara langsung turut serta menjaga keamanan Natal. “Kalau negara memanggil, kami siap,” ujar Encep.

Editor: Admin

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Organisasi internasional AIDS Healthcare Foundation (AHF) turut memeriahkan ajang “2nd Pangandaran Triathlon” yang digelar di kawasan… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Puluhan atlet peserta ajang “2nd Pangandaran Triathlon” dari berbagai daerah telah hadir di Pangandaran untuk mempersiapkan… baca selengkapnya

Top