Pangandaran Luncurkan E-Puskesmas, Berobat Kini Lebih Mudah

0
55
Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari saat ditemui diruangannya Senin (26/11). Syamsul Arifin/SPC

Parigi, SPC – Pemerintah Kabupaten Pangandaran bekerjasama dengan PT Telkom meluncurkan aplikasi e-puskesmas, Senin (26/11). Aplikasi tersebut dibuat untuk mengoptimalkan pelayanan dan menghindari kebocoran anggaran.

“Dengan adanya aplikasi ini, pelayanan bisa lebih efektif dan efisien,” ujar Wakil Bupati Adang Hadari kepada wartawan saat ditemui usai kegiatan, Senin (26/11).

Kalau Aplikasi ini sudah berjalan dengan baik, kata Adang, nanti masyarakat tidak usah datang berbondong-bondong ke Puskesmas untuk mendaftar berobat.

“Kan dalam aplikasi kalau sudah daftar bisa tahu jam berapa harus datang, jadi tidak terjadi antrian panjang di Puskesmas,” tutur Adang.

Selain mempermudah pelayanan kesehatan, ucap ia, aplikasi ini juga dirancang untuk mempermudah sistem pelaporan, dari mulai diagnosa penyakit, ketersediaan obat juga sebagai sarana croscheck klaim BPJS dan anggaran APBD supaya tidak terjadi kebocoran anggaran.

“Kalau orang yang sudah terdaftar di BPJS sementara ia menggunakan KTP karena kartunya ketinggalan ini kan bisa terjadi doubel anggaran,” papar Adang.

Meski baru berlaku di 10 Puskesmas yang ada di Kabupaten Pangandaran, kata Adang, aplikasi ini akan terus dikembangkan hingga menyentuh ke Puskesmas pembantu yang ada di pelosok daerah.

Dijumpai terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani Achmad Marzuki meluruskan soal jam pelayanan di Puskesmas.

Menurut Yani, terkadang terjadi kekeliruan di masyarakat yang menganggap seluruh layanan Puskesmas buka 24 jam.

“Layanan 24 jam itu untuk Unit Gawat Darurat dan rawat inap, kalau hanya sakit flu, batuk, gatal itu bisa dilayani di jam kerja biasa dari mulai jam 08.00 WIB hingga 14.00 WIB,” Pungkasnya.