Topik: Wisata

Pantai Batukaras Dapat Pendampingan Lembaga Pariwisata Internasional

  • Rabu, 29 November 2017 - 10:42
  • Syamsul Arifin
  • dibaca 149 kali
  • Comment

Workshop Pengelolaan Wisata Berkelanjutan Pantai Batukaras digelar di Hotel Arnawa Pangandaran, Selasa (28/11). Syamsul Arifin/SPC

Pangandaran, SPC – Obyek wisata Pantai Batukaras di Kecamatan Cijulang, terpilih menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang mendapat pendampingan lembaga pariwisata internasional berbasis di Australia,  Network Sustainable Tourism Observator (INSTO). Kerjasama terjalin antara kedua belah pihak, terutama dalam bidang pengelolaan sampah.

Sebagai tindaklanjut dari kerjasama tersebut, Selasa (28/11), digelar Workshop Penerapan Program Pariwisata Berkelanjutan di aula Hotel Arnawa Pangandaran. Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Yayat Kiswayat menginformasikan, dalam kegiatan tersebut, selain pihak INSTO, hadir pula berbagai pihak, mulai dari Dinas Pariwisata, Kelompok Masyarakat Penggerak Pariwisata, Pemerintah Desa Batukaras, serta perwakilan Kementerian Pariwisata.

Ditempat yang sama, salah satu fasilitator Kementerian Pariwisata Kuswanto mengatakan, workshop yang dihadiri oleh Asisten Deputi Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Pariwisata serta Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata ini, untuk menindaklanjuti Program Pariwisata Berkelanjutan dan Pengelolaan Sampah Padat Di Destinasi Wisata Pantai Batukaras.

“Kegiatan ini dalam rangka Kabupaten Pangandaran, dengan prioritas Pantai Batukaras, menjadi anggota INSTO yang langsung di bawah naungan Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO),” ujarnya.

Usai pelaksanaan workshop selama dua hari tersebut, kata Kuswanto, harus segera dibentuk program-program kegiatan oleh kelembagaan bersama di Pantai Batukaras. Menurut dia, salah satu pekerjaan penting saat ini adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menangani dan mengolah sampah.

Kuswanto merinci, lima daerah di Indonesia yang mendapat program pengembangan pariwisata berkelanjutan dari INSTO adalah Lombok di Nusa Tenggara Barat, Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Danau Toba di Sumatera Utara dan Pantai Batukaras di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Organisasi internasional AIDS Healthcare Foundation (AHF) turut memeriahkan ajang “2nd Pangandaran Triathlon” yang digelar di kawasan… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Puluhan atlet peserta ajang “2nd Pangandaran Triathlon” dari berbagai daerah telah hadir di Pangandaran untuk mempersiapkan… baca selengkapnya

Top