Topik: Ajang

Para Juara Lomba Foto Pangandaran Hebat ‘Dileler’ Hadiah

  • Rabu, 25 Oktober 2017 - 22:43
  • Admin
  • dibaca 531 kali
  • Comment

Ketua DPRD Kab. Pangandaran Iwan RIdwan menyerahkan hadiah untuk para juara Lomba Foto Pangandaran Hebat, Rabu (25/10). IR/SPC

Pangandaran, SPC – Para juara Lomba Foto Pangandaran Hebat menerima penghargaan berupa piagam dan uang tunai, Rabu (25/10) malam. Hadiah diserahkan Ketua DPRD Kab. Pangandaran Iwan Ridwan dan perwakilan Bank BJB selaku sponsor kegiatan dalam ajang Malam Resepsi Milangkala ke-5 Kab. Pangandaran di Kantor Disdikpora Kab. Pangandaran.

Dari 84 foto peserta yang didaftarkan, terpilih sembilan juara dari dua ketegori, yakni umum dan pelajar. Pada kategori umum, foto karya Siti Aisyah Yulida berjudul “Keikhlasan Pengabdian” menjadi juara pertama.



Foto tersebut menyajikan gambaran seorang guru mengayuh rakit bambu untuk menyberangkan sejumlah anak-anak sekolah. Atas prestasinya, Siti mendapat piagam penghargaan dan tabungan sebesar Rp 2 juta dari Bank BJB.

Nana Suryana, salah seorang juri dalam ajang ini menyampaikan, beberapa faktor menjadi bahan pertimbangan tim juri dalam menyeleksi foto-foto terbaik. Di antaranya, kata dia, kesesuaian dengan tema, ide atau gagasan,  komposisi, keunikan foto dan pesan yang disampaikan.

“Kami sangat mengapresiasi hasil karya foto para peserta yang luar biasa. Beberapa foto terlihat melalui persiapan yang matang dengan momen yang bagus dan penguasaan teknik fotografi. Namun, masih banyak hasil karya foto yang membutuhkan keseriusan dan penguasaan teknik fotografi,” ujar fotografer Harian Radar Tasikmalaya ini.

Nana yang juga ketua penyelenggara melaporkan, antusias peserta dalam lomba foto pendidikan sangat tinggi. “Beberapa kali kami menyelenggarakan kegiatan lomba foto, ini peserta terbanyak, meskipun waktunya pendek tapi terkumpul sampai 84 karya foto,” ungkapnya.

Nana menginformasikan, lomba ini memperebutkan total hadiah Rp 7,5 juta berikut piagam. Ia menambahkan, peserta merupakan warga dan pelajar di Kabupaten Pangandaran.

“Foto diambil menggunakan kamera digital (DSLR, Mirrorles) untuk kategori umum dan kamera ponsel untuk kategori pelajar,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran Surman, didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Agus Nurdin, mengapresiasi antusias masyarakat dan pelajar untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Lomba Foto Pangandaran Hebat .

“Kami sangat menghargai dan berterima kasih karena hasil karya ini membantu kami mendokumentasikan kenyataan anak di lapangan. Ada anak menyeberang sungai, kemudian saat hujan juga masih berangkat ke sekolah ini menunjukkan karakteristik masyarakat yang gigih dalam mendapatkan ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Dikatakannya, hasil karya terpilih akan dijadikan sampul dalam kalender pendidikan di Kabupaten Pangandaran. “Kita apresiasi karya mereka, foto-foto terbaik akan kita cetak dalam kalender pendidikan,” ungkapnya.

Lanjut ke hal. 2 untuk melihat foto-foto juara.

12
Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Organisasi internasional AIDS Healthcare Foundation (AHF) turut memeriahkan ajang “2nd Pangandaran Triathlon” yang digelar di kawasan… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Puluhan atlet peserta ajang “2nd Pangandaran Triathlon” dari berbagai daerah telah hadir di Pangandaran untuk mempersiapkan… baca selengkapnya

Top