Pengusaha Jangan Hanya Sumbang Sembako Saat Bencana, Tapi Bantu Mitigasi

  • Selasa, 5 Desember 2017 - 09:48
  • Syamsul Arifin
  • dibaca 74 kali
  • Comment

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena memimpin rapat Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana di aula Hotel Sandaan, senin (4/12). Syamsul Arifin/SPC

Pangandaran, SPC – Berdasarkan indeks Resiko Bencana Nasional, Kabupaten Pangandaran berada di peringkat 15 Daerah Rawan Bencana. Oleh karena itu dibutuhkan keterlibatan berbagai pihak dalam pencegahan bencana, tak terkecuali para pelaku usaha.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena mengatakan, peran pelaku usaha dalam penanggulangan bencana sangat diperlukan.



Selama ini, menurut Nana, dunia usaha baru faham dalam penanggulangan saja. Padahal, menurut Nana, mitigasi atau pengurangan risiko bencana jauh lebih penting.

“Setiap ada bencana, dunia usaha hanya memberikan bantuan sembako, padahal sembako ini ketika darurat bencana terus berdatangan dari mana mana sehingga malah merusak pemetaan kebutuhan bencana yang sudah dibentuk,” ungkapnya saat memberikan materi dalam rapat Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana di aula Hotel Sandaan, senin (4/12).

Menurut Nana, hingga saat ini, dunia usaha yang terlibat dalam mitigasi dan penanggulangan bencana di Kabupaten Pangandaran baru yang berskala nasional saja, seperti Bank Bank Indonesia.

“Baru BI yang sudah siap untuk pengadaan dua Early Warning system (EWS), yaitu EWS Longsor di Kalijati dan EWS Banjir di Sukanagara,” ujarnya.

Nana mengimbau kepada pengusaha ataupun badan usaha di Kabupaten Pangandaran supaya turut berperan dalam mitigasi bencana, supaya Indeks resiko bencana di Pangandaran bisa ditekan.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

AIDS Healthcare Foundation (AHF) Indonesia menggelar kampanye pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui pertunjukkan musik  Punk di… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top