Topik: Agama

Peringatan Maulid Nabi Pemkab Pangandaran Bergilir di Pesantren

  • Selasa, 5 Desember 2017 - 20:25
  • Syamsul Arifin
  • dibaca 117 kali
  • Comment

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata meletakan batu pertama pembangunan mushala putri Ponpes Al-Furqon Cimerak dalam rangkaian Peringatan Maulid Nabi 1429 Hijriah, Selasa (5/12). Syamsul Arifin/SPC.

Cimerak, SPC – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tingkat Kabupaten Pangandaran 1429 Hijriah digelar di Ponpes Al-Furqon, Kecamatan Cimerak, Selasa (5/12).

Peringatan tingkat kabupaten yang diselenggarakan  untuk pertama kali di luar kompleks sekretariat daerah tersebut sekaligus menandai perubahan pola penyelenggaraan peringatan hari-hari besar Islam di Kabupaten Pangandaran.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dalam sambutannya menyampaikan, untuk tahun-tahun selanjutnya, Pemkab Pangandaran akan menyelenggarakan hari-hari besar Islam di pesantren-pesantren yang ada di Kabupaten Pangandaran



“Mulai hari ini dan selanjutnya, kita akan selenggarakan peringatan hari besar Islam di pusatkan di pesantren pesantren di daerah, supaya pemerintah bisa lebih faham situasi,” ujar Bupati.

Gagasan penyelenggaraan hari besar Islam di daerah-daerah, menurut Jeje, salah satunya merujuk pada tradisi era Sultan Salahudin Al-Ayubi.

“Di mana pada zaman itu umara/pemerintah yang menemui ulama, dan turun ke daerah supaya terjadi sinkronisasi antra ulama, umara dan masyarakat,” tambah Jeje.

Berbicara tentang Maulid Nabi, menurut Bupati, momentum kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut merupakan kesempatan untuk meningkatkan keimanan pemerintah dan masyarakat kepada Allah SWT.

Peringatan Maulid Nabi tingkat kabupaten, menurut Jeje, selain sebagai ekspresi kecintaan terhadap Rosulullah, juga sebagai ajang silaturahmi antara para kiyai, ustadz, masyarakat dengan pemimpin.

Selain memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, di akhir acara Jeje juga meletakan batu pertama sebagai tanda permulaan dibangunnya mushala asrama putri Pesantren Al-Furqon Cimerak.

 

 

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

AIDS Healthcare Foundation (AHF) Indonesia menggelar kampanye pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui pertunjukkan musik  Punk di… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top