PNS di Pangandaran Menyusut, Perpres P3K Jadi harapan

0
83
185 Orang PNS yang pensiun di Kabupaten Pangandaran saat mengikuti kegiatan Purna Bakti Rabu (5/12). Syamsul Arifin/SPC

Parigi, SPC-Keberadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Pangandaran terus menyusut setiap tahunnya karena banyak yang pensiun. Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) diharap menjadi solusi.

Menurut Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Jumlah PNS yang ada di Kabupaten Pangandaran hingga saat ini tercatat sejumlah 3223 Orang.

“Dulu kan saat lepas dari Ciamis Jumlah PNS ada sekitar 3964 orang, ini kan terus berkurang. Padahal idealnya harus 8000 Orang,” ujar Jeje kepada wartawan Rabu (5/12).

Jeje memprediksi, kekurangan PNS ini, pada tahun-tahun mendatang akan semakin signifikan.

“Hari ini saja kita ada 185 orang yang pensiun apalagi di tahun 2021 sebanyak 251 orang juga sudah dipastikan pensiun, ” ungkapnya.

Untuk menstabilkan keberadaan PNS di Kabupaten Pangandaran, kata Jeje, mau tidak mau Pemerintah Pusat harus kembali melakukan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Sekarang kan kita dikasih jatah formasi sebanyak 447 orang, mudah mudahan kalau ada seleksi lagi bisa dikasih kuota lebih banyak,” tuturnya.

Di akhir percakapan, Jeje berharap dengan ditandatanganinya Peraturan Presiden tentang Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) bisa menjadi angin surga bagi Pemerintah Daerah.