Topik: Komunitas

Rayakan HUT ke-1, Rumah Plankton Refleksi Setahun Perjalanan

  • Senin, 25 Desember 2017 - 21:10
  • Syamsul Arifin
  • dibaca 165 kali
  • Comment

Suasana Peringatan Setahun Rumah Plankton, Minggu (24/12). Foto: Rumah Plankton

Pangandaran, SPC- Rumah Plankton, komunitas pengelola taman baca dan ruang komunitas di Kabupaten Pangandaran merayakan hari jadi yang pertama pada 24 Desember 2017. Peringatan kiprah satu tahun komunitas ini diisi dengan refleksi dan kegiatan seni, Minggu (24/12).

Digelar di basecamp Rumah Plankton di blok Pasar Wisata Pangandaran, hadir dalam kegiatan para relawan serta tamu undangan dari berbagai komunitas dan lembaga.

Pentolan relawan Rumah Plankton, Andi Nurroni (29), dalam sesi refleksi menyampaikan, selama setahun berkiprah, Rumah Plankton terbukti menjadi magnet yang menarik anak-anak muda kreatif untuk bergabung dan melakukan kerja-kerja kolaborasi dalam berbagai bidang.

“Sepanjang setahun, kami telah bergerak dalam berbagai bidang serta menyelenggarakan berbagai ajang, mulai dari isu literasi, sosial, lingkungan, seni dan lain-lain,” ujar Andi.

Andi berharap, pada tahun-tahun selanjutnya, Rumah Plankton berkembang semakin maju dan merangkul semakin banyak anak muda dalam proyek-proyek kolaborasi di berbagai bidang.

Relawan lain, Siti Fatimah (25) mengaku senang bergabung di Rumah Plankton karena minatnya yang besar terhadap buku dan pengembangan budaya literasi.

“Bergabung dengan komunitas ini seperti mewujudkan mimpi pribadi dengan cara bersama-sama,” kata manajer Taman Baca Plankton ini.

Siti mengakui, dibandingkan dengan kegiatan peluncuran setahun lalu, kegiatan peringatan setahun Rumah Plankton memang lebih sederhana.

“Kegiatan kita saat anniversary yang pertama tidak begitu megah layaknya pada saat launching 24 Desember Tahun lalu, tapi tahun ini tidak kalah meriah kok,” katanya.

Peringatan setahun Rumah Plankton diisi dengan sesi refleksi dan testimoni, pemotongan tumpeng dan panggung musik, menampilkan para musisi muda di Kabupaten Pangandaran.

Turut memberikan testimoni, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pangandaran Teddy Sonjaya mengapresiasi konsistensi para relawan di Rumah Plankton.

“Saya sangat bersyukur karena para pemuda di Pangandaran masih tetap peduli terhadap daerahnya,” tuturnya.

Teddy berharap, Rumah Plankton ini bisa hadir di kecamatan dan desa laindi Kabupaten Pangandaran agar menumbuhkan jiwa-jiwa kreatif anak-anak muda.

“Jangan mudah menyerah, tetap semangat untuk para Relawan, semoga Rumah Plankton bertemu dengan anniversary yang kedua, ketiga dan berikutnya,” ujar Teddy.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top