Topik: Sejarah

Reaktivasi Jalur Kereta Direspon Positif Pemkab Pangandaran

  • Kamis, 22 Maret 2018 - 18:25
  • Syamsul Arifin
  • dibaca 382 kali
  • Comment

Jembatan Cikacepit, salahsatu Jembatan penghubung jalur kereta Banci Kamis (23/3). Syamsul Arifin/SPC

Parigi, SPC – Reaktivasi jalur kereta api Banjar – Cijulang (Banci) yang direncanakan tahun 2030 mendatang disambut baik Pemerintah Kabupaten Pangandaran.

Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Iwan M Ridwan mengatakan, pada prinsipnya DPRD sangat mendukung rencana reaktivasi diwujudkan.

“Jalur kereta Banjar – Cijulang kalah diaktifkan akan sangat membantu terhadap pariwisata yang ada di Kabupaten Pangandaran,” ujarnya kepada SPC, Kamis(22/3).

Pada kesempatan berbeda, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata juga menyambut baik rencana reaktivasi.

“Sekarang kereta sudah menjadi pilihan utama, saya kira ini akan sangat membantu kalau reaktivasi terealisasi,” ujarnya.

Menurutnya, potensi wisata dan angkutan umum dari Banjar menuju Pangandaran cukup menggiurkan. “Rata-rata turis mancanegara lebih suka naik kereta, jadi ketika kereta direaktivasi bisa menjadi potensi khusus,” ungkapnya.

Selain turis mancanegara, lanjut Jeje, saat ini warga dari Jakarta dan Jawa Barat juga banyak yang menggunakan jalur kereta meskipun hanya sampai Banjar.

“Kita akan lihat nanti, persiapan apa saja yang harus dilakukan Pemda supaya bisa cepat terealisasi. Kita pasti dorong, apalagi ini sudah menjadi rencana Gubernur Jawa Barat,” pungkasnya.(*)

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top