Sajian Ribuan Porsi Pindang Gunung Pecahkan Rekor Muri

0
111
Sri Widyani saat membacakan rekor yang ditoreh PSDKU Unpad Pangandaran, Sabtu (24/11). Syamsul Arifin/SPC

Pangandaran, SPC – Ribuan warga mendadak tumpah ruah di Lapangan Katapang Doyong Desa/Kecamatan Pangandaran Sabtu siang (24/11).

Pasalnya, dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Padjajaran Pangandaran, sebanyak 2018 porsi makanan khas Kabupaten Pangandaran dihidangkan untuk dibagikan kepada masyarakat umum dan dicatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

“Kami dari Muri sengaja datang ke Pangandaran untuk mencatat prestasi spektakuler penyajian pindang gunung terbanyak di Dunia,” ungkap Eksekutif Manajer Muri Sri Widayanti.

Penyajian Pindang Gunung ini, kata Sri, merupakan rekor pertama kali yang tercatat dalam buku muri karena merupakan makanan khas Pangandaran dengan urutan ke 8755 setelah rekor Muri lainnya.

“Sebelumnya kami juga tetapkan rekor di Kabupaten Pangandaran pada 20 September tahun 2015 yakni rekor rampak ronggeng dengan penari terbanyak, sejumlah 873 penari,” ungkap Sri.

Sementara Rektor Universitas Padjadjaran Prof Tri Hanggono Achmad menjelaskan bahwa Unpad memiliki tanggungjawab bagi pemajuan masyarakat Jawa Barat.

“Rekor ini murni ide dari mahasiswa PSDKU Unpad Pangandaran, ini membuktikan kalau kita memfasilitasi untuk anak daerah maka kreatifitas mereka akan keluar sendiri,” tegasnya.

Kreatifitas dan ekspresi yang mahasiswa keluarkan kata Tri adalah tanggungjawab mahasiswa yang sekolah di Pangandaran untuk membangun daerah melalui penggalian potensi.

“Dengan kolaborasi Unpad dan Pemda Pangandaran kedepan ini bisa menjadi event tahunan dan pesertanya ditingkatkan menjadi Internasional, potensi juga akan digali lebih lanjut lagi,” tutur Tri.