Topik: Lingkungan

Sampah Menumpuk di Pantai Timur, Dinas LHK Terjunkan Pasukan

  • Rabu, 1 November 2017 - 21:03
  • Admin
  • dibaca 144 kali
  • Comment

Tim Dinas LHK Kab. Pangandaran bersama-sama membersihkan kawasan Pantai Timur Pangandaran. NS/SPC

Pangandaran, SPC – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran menerjunkan petugas kebersihan untuk membersihkan sampah laut di kawasan Pantai Timur, Pangandaran, kemarin (1/11).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Surya Dharma mengatakan, sampah laut yang berserakan di pantai merupakan sampah kiriman dari sejumlah sungai yang bermuara di perairan Pangandaran.

“Masih banyak warga yang buang sampah ke sungai sehingga saat sungai meluap terbawa sampai ke laut,” ungkapnya kepada SPC.

Dirinya mengakui tidak mudah membangun kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. “Persoalannya sangat kompleks karena menyangkut masyarakat yang cukup luas, membangun kesadaran masyarakat bukan pekerjaan mudah,” ujarnya.

Pihaknya juga mengajak instansi dan kelompok masyarakat untuk menjaga lingkungan tetap bersih. “Kita galakan lagi gerakan Pangandaran berseka, Jumat ini kita mengundang SKPD untuk sama-sama membersihkan pantai,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Cucu Kurniawan menambahkan, sampah yang berserakan di Pantai Timur cukup sulit dibersihkan karena tersangkut di tumpukan batu pemecah gelombang.

“Kalau yang di Pantai Barat sebagian sudah bersih karena hamparan pasir jadi sampah mudah diambil, sementara di Pantai Timur cukup sulit karena berserakan di tumpukan batu,” ungkapnya.

Dirinya mengajak masyarakat untuk ikut bergerak membersihkan sampah. “Ini kan kawasan wisata, seharusnya kita jaga bersama kebersihan dan keindahannya agar wisatawan betah,” ungkapnya.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Organisasi internasional AIDS Healthcare Foundation (AHF) turut memeriahkan ajang “2nd Pangandaran Triathlon” yang digelar di kawasan… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Puluhan atlet peserta ajang “2nd Pangandaran Triathlon” dari berbagai daerah telah hadir di Pangandaran untuk mempersiapkan… baca selengkapnya

Top