Topik: Agama

Satu Jamaah Haji asal Pangandaran Wafat di Makkah

  • Minggu, 4 September 2016 - 20:43
  • Andi Nurroni
  • dibaca 833 kali
  • Comment
Ilustrasi jamaah haji. Foto: bantenterkini.com

Ilustrasi jamaah haji. Foto: bantenterkini.com

Makkah, SwaraPangandaran.Com – Seorang jamaah haji asal Kabupaten Pangandaran dilaporkan meninggal di Makkah, Sabtu (3/9) sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Jamah haji wafat tercatat atas nama Rosid Karmadi Rani bin Karmadi (56), warga Dusun Dukuh, Desa Parakan Manggu, Kecamatan Parigi. Rosid meninggal ketika menjalankan ibadah umrah wajib.

Informasi tersebut diterima wartawan di Pangandaran dari Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani melalui sambungan telepon, Sabtu (3/9).

“Kemungkinan almarhum mengalami dehidrasi dan kelelahan,” ujar Dani yang juga Kabag Kesra di Sekretariat Daerah kabupaten Pangandaran.

Dani menginformasikan, jenazah dikebumikan di tempat pemakaman Soraya Makkah. Sebelumnya, menurut Dani, almarhum yang merupakan anggota kelompok haji dari KBIH An-Nur Parigi sempat mengalami diare saat pemberangkatan dari gedung Islamic Center Pangandaran.

Saat itu, menurut Dani, Rosid sempat dirawat di unit kendaraan medis. Kondisi Rosid kemudian membaik sehingga tidak mengalami gangguan saat pemberangkatan. Namun rupanya, menurut Dani, Allah berkehendak lain dan mewafatkan beliau di Tanah Suci.

Selain Rosid, Dani juga mengiformasikan, seorang jemaah lainnya atas nama Sirun (70) saat ini tengah dirawat di salah satu rumah sakit di Makkah. Menurut Dani, Sirun adalah warga Desa Mangunjaya, Kecamatan Mangunjaya, berasal dari KBIH Mambaul-Huda.

Dani menjelaskan, saat ini para jemaah haji ada yang sedang melaksanakan umrah wajib dan ada juga yang melaksanakan towaf sunat dan Dam.

“Kami saat ini hendak melaksanakan jiarah ke Jabal Nuur dan Jabar Rahmah serta Dam,” ucapnya.

Selain itu, menurut Dani, ada juga yang jamaah yang tengah melaksanakan haji tamatu dan survey untuk pelaksanaan Armina atau wukuf Arafah dan muzdalifah serta mabit di Mina.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Organisasi internasional AIDS Healthcare Foundation (AHF) turut memeriahkan ajang “2nd Pangandaran Triathlon” yang digelar di kawasan… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Puluhan atlet peserta ajang “2nd Pangandaran Triathlon” dari berbagai daerah telah hadir di Pangandaran untuk mempersiapkan… baca selengkapnya

Top