Topik: Ekonomi

Sedih, Banyak Hotel di Pangandaran Mengaku ‘Berbintang’, Hanya Satu yang Bersertifikat

  • Minggu, 20 Agustus 2017 - 20:27
  • Admin
  • dibaca 1161 kali
  • Comment

Ilustrasi hotel. Foto: www.dailymail.co.uk

Pangandaran, SPC – Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kab. Pangandaran menyatakan, sejauh ini baru ada satu hotel di Kab. Pangandaran yang memiliki sertifikat hotel berbintang.

“Baru ada satu hotel yang berstatus bintang yaitu hotel Krisna, itu juga bintang tiga,” ungkap sekertaris PHRI Kabupaten Pangandaran Dadang Gunawan kepada SPC, Minggu (20/8).

Menurut Dadang, sertifikasi hotel berbintang yang didapat Hotel Krisna baru diperoleh sekitar tiga minggu yang lalu dan diserahkan langsung oleh ketua PHRI Provinsi Jawa Barat.

Dadang mencatat, dari 316 jumlah hotel yang ada di Kab. Pangandaran dan tersebar di beberapa objek wisata, ada sekitar 30 lebih hotel yang seharusnya sudah layak memiliki sertifikat hotel berbintang.



“Kalau dari catatan kita ada 30 hotel yang sudah layak sertifikasi hotel berbintang,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata dia, PHRI Kab. Pangandaran akan mengambil langkah-langkah, salah satunya mendorong hotel-hotel yang sudah layak untuk segera mengurus sertifikasi berbintang.

“Kita akan dorong dan memberi pemahaman kepada para pemilik hotel untuk sertifikasi. Kita juga akan minta Pemerintah Kabupaten Pangandaran untuk memfasilitasi, karena kewenanganya ada di pemerintah kabupaten,” ujarnya.

Ditambahkanya, ada beberapa persyaratan yang harus ditempuh untuk mendapatan sertifikasi hotel berbintang, di antaranya luas kamar, luas hotel secara keseluruhan.

“Ada seratus item yang harus dipenuhi, nah yang 30 hotel itu sudah masuk ke 100 kriteria itu, makanya harus segera sertifikasi,” ungkapnya.

Menurutnya, status sertifikasi hotel sangat mempangaruhi terhadap besaran tarif hotel tersebut juga berpengaruh terhadap pajak yang harus dibayarkan.”Jangan tarif hotel berbintang tapi sertifikasi tidak mau, harus seimbang lah jangan curang,” tuturnya.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

AIDS Healthcare Foundation (AHF) Indonesia menggelar kampanye pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui pertunjukkan musik  Punk di… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top