Topik: Agama

Umat Muslim di Inggris Berpuasa 20 Jam Tahun Ini

  • Sunday, 5 June 2016 - 08:59
  • Andi Nurroni
  • dibaca 680 kali
  • Comment
Ilustrasi: umat Islam di Inggris. Foto: www.theguardian.com

Ilustrasi: umat Islam di Inggris. Foto: www.theguardian.com

SwaraPangandaran.Com – Umat Islam di Inggris dan sejumlah negara Eropa lainnya menghadapi Ramadhan yang paling menantang dalam 30 tahun terakhir. Pada musim panas ini, mereka harus berpuasa 20 jam sehari.

Di Inggris, Ramadhan tahun ini, yang diperkirakan jatuh pada Senin (6/6), bertepatan dengan musim panas equinox, yang artinya pagi datang lebih cepat dan senja datang lebih lama.

Awal Ramadhan memang ditentukan oleh posisi bulan, yang maju 10 hingga 11 hari setiap tahun. Di Eropa, saat musim dingin, waktu berpuasa cenderung singkat, yakni sekitar delapan jam.Sementara pada musim panas, keadaan sebaliknya.

“Kami pernah mengalaminya tahun lalu, tapi tahun ini jauh lebih menantang. Tapi, ini semua adalah bagian tak terpisahkan dari pengalaman dan sebagian besar umat Islam mengalami hal serupa,” kata Sekretaris Dewan Muslim Inggris Ibrahim Mogra dikutip Kantor Berita Antara dari The Guardian.

Menurut Morgan, orang-orang yang dikecualikan bisa mendapat keringanan karena kondisi ini, seperti lansia, orang yang lemah dan mereka yang harus mengonsumsi obat rutin.

Di Inggris banyak pengusaha memberikan izin khhusus kepada pegawainya yang berpuasa, di mana waktu kerja pada bulan puasa diganti dengan hari lain saat energi mereka penuh. Perusahaan-perusahaan di Inggris juga memberikan waktu bagi mereka untuk beribadah.

Sementara itu, sebagian Muslim di Inggris menghemat waktu libur mereka di bulan biasa untuk mendapatkan libur saat Ramadhan.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik… baca selengkapnya

Kiprah

Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia (HAPMI) Kabupaten Pangandaran resmi terbentuk. Kepengurusan HAPMI terpilih setelah puluhan… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top