Topik: Pertanian

Wabup Heran, Kemana Larinya Beras dari Pangandaran?

  • Wednesday, 15 June 2016 - 20:32
  • Andi Nurroni
  • dibaca 637 kali
  • Comment
Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pangandaran beserta jajarannya melakukan panen padi sebagai simbol di desa Sidomulyo, Kecamatan Pangandaran (SwaraPangandaran.Com/Ahmad Toni Harlindo)

Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pangandaran beserta jajarannya melakukan panen padi sebagai simbol di desa Sidomulyo, Kecamatan Pangandaran (SwaraPangandaran.Com/Ahmad Toni Harlindo)

Cimerak, SwaraPangandaran.Com – Meskipun mengalami surplus produksi beras, selama ini Kabupaten Pangandaran banyak dibanjiri beras dari daerah luar. Kondisi ini membuat heran Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari.

“Sebenarnya beras kita enggak kekurangan. Kita butuh 60 ribu ton, kita produksi 90 ribu ton. Tapi enggak tahu ke mana, apa yang kaya-kaya tidak mau jual beras?” ujar Adang kepada wartawan ketika menggelar Operasi Pasar Murah di Kecamatan Cimerak, Rabu (15/6).

Adang menyampaikan, selain pariwisata, pertanian menjadi potensi Kabupaten Pangandaran. Oleh karena itu, menurut Adang, Pemkab Pangandaran juga fokus menguatkan potensi pertanian.

Ia menggambarkan, di sektor padi, saat ini, produktivitas sawah-sawah di Pangandaran telah jauh meningkat dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

“Kita lakukan pembinaan, penyuluhan, saya kira produktivitas kita sudah meningkat dibandingkan dulu. Sekarang 1 hektare sudah ada yang 7 sampai 8 ton,” ujar Adang.

Tidak hanya padi, menurut dia, tanah Pangandaran yang subur cocok untuk berbagai komoditas pertanian. Adang mencontohkan, komoditas jagung sangat cocok dikembangkan di Kecamatan Cigugur dan Langkaplancar.

Sebagai daerah otonom baru, Adang mengakui, pembangunan gedung-gedung dan infrastruktur di Pangandaran saat ini tidak bisa dihindari. Namun begitu Adang meyakinkan, konversi area pertanian tidak besar, dan saat ini juga dilangsungkan pembukaan sawah-sawah baru di perdesaan.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik… baca selengkapnya

Kiprah

Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia (HAPMI) Kabupaten Pangandaran resmi terbentuk. Kepengurusan HAPMI terpilih setelah puluhan… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top