Topik: Budaya

Warga Mesir Gemari Seni Tradisi Indonesia

  • Jumat, 15 Juli 2016 - 08:10
  • Andi Nurroni
  • dibaca 526 kali
  • Comment
Tari Zapin Melayu Indonesia. Foto: sinarharapan.co

Tari Zapin Melayu Indonesia. Foto: sinarharapan.co

Kairo, SwaraPangandaran.Com – Warga Mesir sangat antusias terhadap berbagai pertunjukan seni-budaya Indonesia. Apresiasi tinggi warga Mesir terhadap kesenian tradisional Indonesia terlihat dari seringnya kelompok seni musik dan tari yang digawangi para mahasiswa Indonesia sering diundang untuk tampil di acara-acara televisi dan berbagai ajang di negara tersebut.

Dilansir Radio Republik Indonesia (RRI) Presiden Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Mesir, Abdul Gofur Mahmudin, menyampaikan, beberapa kesenian dan tarian khas daerah di Indonesia yang sering diminta untuk ditampilkan di acara-acara di Mesir diantaranya, tari zapin melayu, tari tor-tor dari Sumatra Utara, musik marawis dan  rampak Kendang.

“Selain kita tampil di televisi, setiap tahun kita tampil dari opera ke opera, dari opera di Kairo, Alexandria , kota Damanhur, beda provinsi , itu dipanggil dari mahasiswa kita,”kepada RRI usai mengisi acara seni dan budaya di televisi Mesir, Kamis (14/7).

Menurut Gofur, antusiasi warga mesir terhadap seni-budaya bisa dilihat ketika mereka tampi, gedung pertunjukan selalu penuh dengan pengunjung yang antusias.

Menurut Abdul Gofur, hubungan bilateral antara Indonesia khususnya hubungan antara warga kedua negara terjalin sangat baik.  Hal itu juga yang membuat warga Mesir menyukai dan  tertarik dengan seni dan budaya Indonesia.

Selain itu, jelas Abdul Gofur, kegiatan seni budaya yang gencar ditampilkan oleh pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia membuat warga Mesir mengenal dan menyukai banyak seni dan budaya Indonesia.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

AIDS Healthcare Foundation (AHF) Indonesia menggelar kampanye pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui pertunjukkan musik  Punk di… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top