Topik: Dunia

Warga Oxford Antre Mencicip Sate dan Berfoto dengan Komodo

  • Monday, 11 July 2016 - 09:06
  • Andi Nurroni
  • dibaca 658 kali
  • Comment

 

Ilustrasi:sate. Foto: www.teropongbisnis.com

Ilustrasi:sate. Foto: www.teropongbisnis.com

Oxford, SwaraPangandaran.Com – Sajian kuliner Indonesia di gerai “Wonderful Indonesia” telah menarik antusiasme pengunjung Cowley Road Carnival di Kota Oxford, Inggris, akhir pekan kemarin. Di antara aneka hidangan khas Indonesia yang disuguhkan, sate menjadi favorit pengunjung.

Dilansir Kantor Berita Antara, festival yang dikunjungi 45 ribu orang itu merupakan agenda tahunan yang menyajikan pertunjukan seni dan festival kuliner mancanegara.

Sekretaris Pertama KBRI London Arifianto Sofiyanto menyampaikan, Cowley Road Carnival diselenggarakan masyarakat Oxford secara swadaya dengan didukung Oxford City Council sebagai acara terbesar di musim panas dalam memeriahkan keanekaragaman bangsa dan budaya di Kota Oxford.

Menurut Arifianto, KBRI London sejak tahun 2013 memberikan dukungan kepada komunitas Indonesia dan Perhimpunan Pelajar Indonesia Oxford (PPI Oxford) terus berpartisipasi pada Cowley Road Carnival. Berbeda dengan tahun sebelumnya, antusiasme pengunjung terhadap gerai makanan dan budaya Indonesia kali ini melampaui harapan panitia Indonesia.

Afirianto melaporkan, antrean mengular panjang di depan berbagai gerai makanan Indonesia. Para pengunjug remaja dan anak-anak, kata dia, berebut berfoto dengan busana daerah Indonesia, menggambar wayang serta berpelukan dengan patung komodo.

“Apresiasi warga Oxford atas kuliner Indonesia tercermin dari pihak panitia Cowley Road Carnival untuk secara khusus terus mengundang masyarakat Indonesia agar dapat menyediakan makanan andalan sate, nasi rames, mie bakso, kue-kue dan makanan nusantara lainnya,” ujar Arfianto.

Selain masyarakat lokal Inggris, secara khusus makanan Indonesia juga menarik minat warga Timor Leste yang berdomisili di sekitar Oxford, sebagai bentuk nostalgia setelah sekian lama sulit dapat menemukan makanan khas Indonesia di tempat lain. Warga Timor Leste tersebut pada umumnya adalah pemegang paspor Portugal yang bekerja di Inggris.

Melihat potensi menjanjikan Cowley Road Carnival sebagai ajang promosi Indonesia, khususnya di bidang kuliner dan keanekaragaman budaya serta kemajuan pembangunan di Indonesia, Dubes Rizal Sukma yang baru kali pertama hadir, menekankan pentingnya bagi semua, khususnya mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Oxford, untuk lebih meningkatkan kehadiran Indonesia dengan terus memanfaatkan event ini ke depan.

Dia berkomitmen untuk mendorong dukungan dan partisipasi langsung berbagai pihak di tanah air guna menjadikan partisipasi Indonesia di Cowley Road Carnival tahun depan lebih meriah dan berkesan.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Musik adalah salah satu media paling ampuh untuk menyampaikan pesan kepada semua kalangan masyarakat. Media musik… baca selengkapnya

Kiprah

Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia (HAPMI) Kabupaten Pangandaran resmi terbentuk. Kepengurusan HAPMI terpilih setelah puluhan… baca selengkapnya

Infotorial

Komunitas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Galuh, bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Purbahayu, menggelar… baca selengkapnya

Top