Topik: Kesehatan

Wow, Ternyata Terapi Pantai Bisa Mengobati Berbagai Penyakit

  • Senin, 7 Agustus 2017 - 21:00
  • Admin
  • dibaca 314 kali
  • Comment

Sejumlah peserta terapi pantai melakukan olah tubuh di Pantai Pangandaran, Senin (7/8/2017). NS/SPC

Pangandaran, SPC – Terapi di pantai ternyata banyak memberikan manfaat untuk kesehatan holistik. Selain untuk penderita penyakit fisik yang diakibatkan psikosomatis, juga baik untuk kesehatan mental. Seperti disampaikan terapis dari Universitas Quantum Abi Nana Cheka Sev, Senin (7/8/2017).

“Terapi di pantai ini sangat banyak manfaatnya, diantaranya untuk kesehatan fisik mulai dari stroke, keluhan jantung, vertigo, asam urat, syaraf kejepit dan lain-lain terutama penyakit fisik yang diakibatkan oleh psikosomatis,” ujarnya.

Sementara itu, untuk kesehatan mental, terapi di pantai juga efektif mengatasi kekhawatiran, kecemasan dan kegelisahan berlebihan.

Abi mengatakan, kesehatan holistik merupakan kesehatan paling ideal yang dimiliki setiap manusia. “Belum dikatakan sehat jika belum memenuhi ketiga unsur kesehatan dan inilah Kenapa dikatakan kesehatan holistik yaitu sehat secara fisik sehat secara mental dan sehat secara spiritual,” jelasnya.

Dia menjelaskan, metode terapi holistik di pantai yang ia terapkan yaitu menggunakan media air laut. Menurutnya, berdasarkan beberapa penelitian, kandungan garam yang ada di air laut sangat baik untuk saraf-saraf motorik yang ada di tubuh manusia.

“Misalnya saja bagi penderita asam urat stroke, penyakit jantung, vertigo dan lainnya,” kata dia.

Namun demikian, lanjutnya, orang yang merasa sehat belum  tentu sehat secara holistik atau sehat menyeluruh. “Manusia dikatakan sehat jika fisik, mental dan spritualnya semuanya benar-benar sehat,” ujarnya.

Dalam prakeknya, terapi holistik di pantai menggabungan beberapa teknik psychotherapy seperti forgiveness therapy, NLP, bobath dan lainnya.

Abi menjelaskan, pada dasarnya tubuh manusia sudah diberikan anatomi atau metabolisme yang sangat kuat.

“Inilah yang menginspirasi dunia kesehatan psikologi atau psikoterapi bahwa pada dasarnya setiap tubuh manusia bisa dengan cepat menyembuhkan dirinya sendiri hanya kita belum mengetahui bagaimana menggunakan atau memanfaatkan anugerah dari Tuhan tersebut,” ujarnya.

Abi menambahkan, dirinya sering membawa siswa dan kliennya ke Pangandaran untuk melakukan terapi dan pembelajaran.

“Bisa dikatakan ini paket wisata terapi holistik pantai, bukan hanya sekedar sesi terapi saja akan tetapi klien atau peserta juga akan dibekali beberapa teknik sehingga mereka nanti bisa melakukannya secara berkesinambungan tidak hanya di pantai tapi juga di rumah,” ujarnya.

Usai kegiatan, peserta juga dapat mentransfer pengetahuan dan keahliannya kepada orang lain. Klinik Psychotherapy sendiri beralamat di Jalan Cempaka Nomor 109 Tasikmalaya dan di Jalan Panumbangan atau klinik Natalia Medika, Ciamis.

Editor: Andi Nurroni

Peduli HIV/AIDS Bersama AHF

Organisasi internasional AIDS Healthcare Foundation (AHF) turut memeriahkan ajang “2nd Pangandaran Triathlon” yang digelar di kawasan… baca selengkapnya

Kiprah

Oejeng Soewargana (baca: Uyeng Suwargana) adalah seorang tokoh Pasundan terkemuka pada dekade-dekade pergolakan kemerdekaan Indoensia. Di… baca selengkapnya

Infotorial

Puluhan atlet peserta ajang “2nd Pangandaran Triathlon” dari berbagai daerah telah hadir di Pangandaran untuk mempersiapkan… baca selengkapnya

Top