9 Makam Pahlawan di Parigi Digali, Satu Jasad Sudah Hilang.

0
533
Salahsatu Keluarga Pahlawan sedang berdoa saat prosesi pemugaran TMP, Kecamatan Parigi, Jumat (28/9). Syamsul Arifin/SPC

Parigi, SPC – Sebanyak sembilan makam pahlawan dari Kecamatan Parigi digali, Jumat (28/9), dalam rangka proses pemindahan ke kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) baru di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi. Dari sembilan situs makam yang digali, hanya delapan yang ditemukan jasadnya.

Menyertai proses penggalian, Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari melaporkan, sembilan pahlawan yang makamnya akan dipindahkan adalah Pratu Anumerta Anhar Suryaman, Kopda Anumerta Sutarjo, Koptu Anumerta Sunaryo, Koptu R A Suganda, Hamid Atje, Peltu J Hasugian Sertu M Sidik, Peltu Badrunsyah dan Peltu O Sutarjo.

Namun begitu, Adang menjelaskan, jasad Pratu Anumerta Anhar Suryaman belum ditemukan.

“Pertama kami pugar yaitu jasadnya almarhum Pratu Anumerta Anhar Suryaman, namun sampai habis Jumaatan belum juga ditemukan,” ungkap Adang kepada SPC Jumat (28/9).

Jasad almarhum Pratu Anumerta Anhar, kata Adang, pernah dilakukan pemindahan sebelumnya, dari tanah lokasi Kantor Kecamatan Parigi (sekarang Pendopo Kabupaten) sekitar tahun 1963.

Menurut keterangan keluarga dan saksi hidup Almarhum Pratu Anumerta Anhar, Adang menjelaskan, saat pemindahan makam ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kecamatan Parigi pada waktu itu, jasad almarhum masih bugar.

“Malah Rambut- rambut dan kukunya bertambah panjang, kulitnya tidak melepuh sedikitpun,” papar Adang.

Untuk mekanisme selanjutnya, tukas Adang, setelah disemayamkan semalam di Markas Koramil 0613 Pangandaran, jasad para pahlawan akan dimakamkan di TMP Parigi yang baru dibangun.

“Tadi kami sudah negosiasi dengan keluarga Pak Anhar, karena jasadnya sudah tidak ada, maka akan diambil tanah makamnya” pungkas Adang.