Alumni IPB Diharapkan Pulang Kampung Bangun Daerah

0
383
Pengurus Pusat Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (DPP HA IPB) berfoto bersama di kawasan tollgate Pangandaran, Senin(4/6). Andi Nurroni/SPC

Pangandaran, SPC – Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (DPP HA IPB) Fathan Kamil meminta peran aktif para alumni untuk membantu pemerintah daerah. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan silaturahmi dan konsolidasi HA IPB se Priangan Timur yang diselenggarakan di Warung Sate Haji Agus, kawasan tollgate Pangandaran, Senin(4/6) malam.

“Kami mengimbau teman-teman yang ada di DPC ( HA IPB) untuk pro aktif, apalagi di daerah baru seperti Kabupaten Pangandaran. Peran mitra pemerintah itu sangat diperlukan untuk mensinergikan potensi-potensi yang ada,” ungkapnya.

Dikatakannya, ditatanan DPP, pihaknya juga sedang membangun komunikasi dengan stakeholder terkait seperti Kementerian Pertanian dan juga Kehutanan. “Mudah-mudahan ada yang bisa kita sinergikan baik di tingkat pemerintah pusat maupun daerah. Saya pikir ada momen-momen yang baik terkait aset-aset pemerintah pusat yang ada di daerah, atau daya dukung pemerintah daerah sendiri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini DPP HA IPB juga mencoba menyerap aspirasi dan informasi dari tingkat DPC untuk mengetahui program kerja di masing-masing daerah. “Apa yang menjadi konsen temen-temen di daerah, kita akan coba berkolaborasi dalam bentuk dukungan seperti apa yang bisa kita berikan,” ungkapnya.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (DPP HA IPB) Fathan Kamil, saat berpidato.

Ia juga berharap ada multiplayer efek dari para alumni muda yang jumlahnya saat ini semakin banyak. “Kita harapkan setelah lulus kuliah, para alumni muda ini tidak masuk ke kota tapi bisa kembali ke daerah,” ujarnya.

Fathan melanjutkan, selain perlu mendapatkan dukungan politik anggaran pemerintah daerah, juga dibutuhkan isu-isu terkait kesempatan usaha atau bisnis yang bisa dibangun. “Saat ini rektor IPB mencoba mendouble-kan statistik lulusan IPB yang menjadi entrepreneur. Kita juga berusaha lebih ke daerah-daerah untuk mencoba mendorong kemampuan entrepreneur skillnya melalui program-program pemberdayaan,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DPC HA IPB Kabupaten Pangandaran Agus Teguh Suryaman mengatakan, saat ini puluhan lulusan alumi IPB di Pangandaran tersebar mengabdikan dirinya didalam pemerintahan maupun swasta. “Jujur saja kita baru setahun terakhir ini menghimpun para alumni dalam satu wadah, dan ternyata sudah banyak teman-teman kita yang mengaplikasi keilmuannya baik di dalam pemerintahan maupun di luar pemerintahan,” ungkapnya.

Agus berharap pihaknya juga dapat memberikan kontribusi dan andil dalam pembangunan daerah. “Mudah-mudahan ke depan kita bisa bersinergi dan berkolaborasi baik itu dengan pemerintah maupun stakeholder terkait sehingga potensi-potensi yang kita miliki dapat diberdayakan,” ungkapnya.