Team Pemadam DPKPBD Kabupaten Pangandaran sedang melakukan upaya pendinginan di Bangkai MV Viking. Syamsul Arifin/SPC

Pangandaran, SPC – Bangkai Kapal MV Viking lagos di kawasan konservasi cagar alam laut, tepatnya di pasir putih Pangandaran terbakar, Senin (7/5) pagi. Kepulan asap mengagetkan masyarakat mengingat kapal tersebut sudah lama terbengkalai.

“Ada nelayan yang melaporkan ke pos TNI AL bahwa bangkai MV Viking terbakar sekitar pukul 06.00 WIB,” tutur Komandan Pos TNI AL Pangandaran Peltu Laut (P) Dayat Sudrajat.

Pihaknya langsung meninjau ke lokasi dan menemukan sumber api berasal dari bagian haluan kapal. “Asap tebal masih menyelimuti bagian haluan kapal saat kami datang,” ujarnya.

Tak lama kemudian, petugas pemadam dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah (DPKPBD) Kabupaten Pangandaran tiba di lokasi.

Kepala DPKPBD Nana Ruhena mengatakan, timnya langsung melakukan upaya pendinginan. “Kita menggunakan air laut karena aksesnya cukup sulit, asap sudah berkurang, namun api di dalam lambung kapal masih menyala meski tidak sebesar sebelumnya,” kata dia.

Hingga saat ini, pihaknya masih belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut. “Proses penyelidikan akan dilakukan oleh pihak Polisi Perairan Polres Ciamis,” ungkapnya.(*)