Besok Pagi, Ratusan APK Melanggar Akan Diturunkan

0
506
Rapat koordinasi penurunan APK yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Pangandaran bersama KPU dan Pol PP Sabtu (23/2). Syamsul Arifin/SPC

Pangandaran, SPC – Ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang tidak berdasarkan ketentuan yang sudah dilayangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran akan segera ditertibkan.

Menurut Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran Uri Juwaeni, ada sejumlah 422 APK yang melanggar dan tersebar di 5 kecamatan.

“Sebetulnya ada 1200 APK yang melanggar, namun ini sudah dibereskan melalui pesan tertulis kepada Partai Politik, (Parpol) ” tegas Uri saat diwawancarai SPC Sabtu (23/2).

Maksud dari penurunan APK yang melanggar ini, kata Uri, supaya para peserta Pemilihan Umum (Pemilu) bisa menaati apa yang sudah disepakati bersama dalam hal kampanye.

“Toh penurunan APK besok kami tidak merusak, hanya menertibkan dan menyerahkannya kepada masing masing Parpol untuk ditempatkan kembali di wilayah yang semestinya,” ungkap Uri.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin memaparkan, tempat yang diperbolehkan draftnya sudah diberikan kepada peserta Pemilu.

“Tempat ini kan sudah kita tetapkan dalam SK yang sebelumnya di koordinasikan dengan Pemerintah Daerah,” paparnya.

Sementara, Sekertaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pangandaran Subarnas mengaku akan turut melibatkan TNI, Polri untuk mengantisipasi hal hal yang tidak di inginkan.

“Kami akan menurunkan personil yang dibagi menjadi dua Pasukan dalam penurunan APK yang melanggar besok Pagi sekitar pukul 08.00 WIB,” tandas Subarnas.