Bikers Pangandaran Serukan Aksi Shalat Subuh Berjamaah

0
693

Pangandaran, SPC – Ratusan pemuda melalukan shalat subuh akbar berjamaah di Masjid Besar Al Islah Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Minggu (29/12/2019). Gerakan shalat subuh berjamaah ini dilakukan oleh Komunitas Bikers Subuhan dari berbagai daerah se-Priangan Timur.

Kegiatan Bikers Subuhan ini dilaksanakan sejak pukul 03.00 WIB di depan masjid Al Islah, Kecamatan Cijulang sebagai titik kumpul seluruh bikers subuhan yang hadir. Sudah sejak Sabtu malam bikers subuhan berada di masjid Al Islah.

Gerakan shalat subuh akbar berjamaah ini pertamakalinya ada di Pangandaran. Kang adi, Ketua Subuhan Pangandaran mengatakan, gerakan shalat subuh berjamaah ini merupakan media penguatan karakter anak-anak muda, khususnya di Pangandaran.
“Program ini menjadi salah satu ajakan bagi para pemuda untuk belajar bangun lebih pagi, dan membiasakan untuk shalat subuh berjamaah,” ujar Adi.

Bikers Subuhan ini pertama kali di gagas di Lampung dan menyebar di seluruh indonesia. Gerakan ini berawal dari kumpulan geng motor yang sudah jenuh dengan kegiatan kesehariannya.

Kang Farid, founder Bikers Subuhan Tasikmalaya menjelaskan, biasanya geng motor nongkrong kumpul pada malam Minggu. Setelah ada Bikers Subuhan, kata dia, kumpul dilakukan pada jam 03.00 Subuh untuk pergi ke mesjid melakukan shalat sunah 2 rakaat sambil menunggu shalat Subuh.

”Setelahnya biasanya ada tausiyah dan sharing dari masing-masing bikers subuhan. awalnya belum terbiasa, dan masih banyak yang kesiangan bahkan tidak ada sama sekali. Hari demi hari semuanya terbiasa untuk bangun pagi, alhamdulillah sekarang anggotanya sudah 300 orang lebih,” ujar dia.

Farid berharap para pemuda bikers subuhan menjadi anak-anak gaul yang tak lupa pada masjid dan dapat memakmurkan mesjid yang kosong. adanya Bikers Subuhan Pangandaran, menurut Farid, semoga menjadi agen of change bagi pergerakan aksi shlat subuh berjamaah.

Kang Fahri, Bikers Subuhan paling jauh asal karawang berharap dengan shalat subuh berjamaah menjadi mempermudah langkah untuk melakukan shalat lima waktu yang lainnya. kedatangan teman-teman bikers subuhan dari luar daerah, menurut dia, menjadi bukti dukungan semangat kepada bikers Pangandaran untuk membawa perubahan bagi para pemuda.

Setelah melakukan shalat subuh berjamaah dan tausiyah seluruh bikers subuhan sarapan pagi untuk bersiap melakukan ridding mengelilingi parigi lanjut ke Pantai Batukaras untuk berlibur.