Bupati Pangandaran Tegaskan Peranan Masyarakat Sangat Penting Selama PSBB

0
52

Pangandaran, SPC – Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, partisipasi masyarakat sangat penting selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Pangandaran. Hal itu untuk memastikan PSBB efektif memutus mata rantai virus korona (covid-19).

Selama ini, ujar Jeje, selain melalui pintu pemeriksaan utama di perbatasan, para pemudik dari wilayah lain masuk melalui ‘jalan tikus’ yang ada dibeberapa titik perbatasan Kabupaten Pangandaran.

“Alhamdulillah kesadaran masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 telah terbangun hingga ke desa-desa,” ungkap Jeje, usai melepas puluhan warga yang selesai menjalani isolasi khusus, Rabu (13/5/2020).

Maka ketika ada pemudik yang lolos di pemeriksaan perbatasan, lanjutnya, warga dengan sadar langsung melaporkannya kepada petugas gugus tugas didesanya. Sehingga pemudik segera dijemput untuk melakukan isolasi khusus di tempat yang sudah disediakan.

“Itulah mengapa di Kabupaten Pangandaran kondisinya lebih baik dari daerah lain, termasuk mungkin letak geografis yang mendukung dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” terang Jeje.

Maka dirinya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada warga yang selesai maupun yang sedang menjalani isolasi khusus.

“Tentu tidak mudah menjalani hari-hari di tempat isolasi. Maka saya sampaikan terima kasih telah mematuhi aturan ini, karena semuanya untuk kebaikan kita bersama,” tutur Jeje.

Jeje pun menyampaikan Kabupaten Pangandaran kembali menjadi zona hijau pasca satu pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh.

“Ini merupakan kerja bersama seluruh elemen masyarakat Kabupaten Pangandaran dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Terima kasih,” kata Jeje.