Café Mady’s Gelato Horison Palma Jadi Lokasi Ru’yat Hilal

0
164
keluarga besar Falakiyah NU Kabupaten Pangandaran dan RMI saat Ru’yat Hilal, Minggu (05/05/2019). N.S/SPC

Pangandaran, SPC – Menyambut bulan suci Ramadhan, Horison Palma Pangandaran bekerjasama dengan keluarga besar Falakiyah NU Kabupaten Pangandaran dan RMI melaksanakan Ru’yat Hilal, Minggu (05/05/2019).

Pengamatan langsung dilakukan sejak pukul 15.00 di Café Mady’s Gelato Horison Palma Pangandaran.

Dindin, Sales Executive Hotel Horison Palma Pangandaran mengatakan, Café Madys Gelato berada di lantai atas serta memiliki Sky Walk dan view yang langsung menghadap ke pantai barat.  Sehingga, lebih memudahkan untuk melakukan pengamatan.

“Dalam aktivitas pengamatan Ru’yat, Café Madys Gelato sangat ideal, karena itu kami merekomendasikannya,” kata dia.

Dikatakannya, Ru’yat merupakan aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang tampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak.

“Ru’yat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Ru’yat hilal juga dilakukan setelah Matahari terbenam,” ungkapnya.

Lanjutnya, kriteria penentuan awal bulan Hijriyah dilakukan dengan meru’yat atau mengamati hilal secara langsung. “Apabila hilal bulan sabit tidak terlihat maka bulan
berjalan digenapkan menjadi 30 hari,” ujarnya.

Dindin mengatakan, dari hasil pengamatan, hilal tidak tampak jelas karena di wilayah Pangandaran tertutup awan tebal, namun demikian di wilayah lainnya sangat jelas terlihat sehingga disepakatii awal ramadhan jatuh pada tanggal 6 Mei 2019.

“Sebuah harapan besar kami bisa menginspirasi dan peduli terhadap kegiatan keagamaan di Kabupaten Pangandaran, mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat,” ungkapnya.